Kamu Belum Ke Jakarta Kalau Belum Ke 5 Tempat Ini

Jakarta, kota metropolitan yang kelewat sibuk. Kata orang, kota ini tak pernah tidur. 24 dalam sehari selalu ada kehidupan di Jakarta. Benar-benar kota yang sibuk.

Meski begitu, Jakarta selalu punya caranya sendiri untuk menyambut siapa saja yang ingin berkunjung, apapun tujuannya. Termasuk liburan.

Ngomong-ngomong soal liburan, Jakarta punya beberapat tempat menarik yang telah menjadi ikon wisata ibukota macam Tugu Monas serta TMII. Banyak yang bilang kalau kunjungan kita ke Jakarta akan terasa kurang lengkap kalau tidak mengunjungi tempat-tempat tersebut.

Berikut ini adalah 5 tempat wisata populer di Jakarta yang rasanya wajib dikunjungi jika kamu baru pertama kali ke ibukota.

1. Tugu Monas ( Monumen Nasional)

First and foremost. Monas alias Monumen Nasional merupakan tempat pertama yang wajib kamu kunjungi saat ke Jakarta. Landmark ikonik ini merupakan salah satu bangunan kebanggaan warga Jakarta khususnya dan Indonesia secara umum. Monas dibangun sebagai bentuk penghargaan terhadap para pahlawan yang memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Bangunan monas berada tengah-tengah kota Jakarta. Monumen setinggi 132 m ini berada di tengah lapangan Lapangan Merdeka, Jakarta Pusat. Monas bukanlah sekedar monumen. Di tempat ini juga terdapat Museum Sejarah Nasional yang berisi diorama-diorama yang menampilkan kondisi Indonesia sejak jaman pra-sejarah hingga masa Oder Baru. Mengunjungi Monas kita akan sekaligus belajar tentang sejarah kemerdaaan Indonesia yang sangat panjang dan berliku.

2. Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Masih tentang Indonesia. TMII merupakan salah satu tempat paling menyenangkan untuk belajar tentang negara Indonesia yang sangat majemuk ini. Di kompleks TMII terdapat anjungan-anjungan yang menjadi semacam miniatur kebudayaan di daerah tertentu. Anjungan-anjungan tersebut dibangun menyesuaikan rumah adat yang ada di daerah tertentu. Di dalam anjungan tersebut kita bisa melihat benda-benda budaya seperti pakaian adat, senjata khas daerah, hingga kerajinan tangan khas daerah.

Kita juga akan menjumpai sebuah danau buatan dimana di tengah-tengahnya terdapat peta Indonesia. Untuk menambah daya tariknya, TMII juga dilengkapi dengan beberapa fasilitas termasuk kereta gantung, museum-museum, serta teater.

 

3. Kepulauan Seribu

pulau tidung

Kepulauan Seribu merupakan tempat terbaik di propinsi DKI Jakarta untuk tujuan wisata bahari. Ada banyak sekali pulau yang termasuk dalam Kepuluan Seribu, yang sebagian besar telah dikelola sebagai destinasi wisata yang menyenangkan. Beberapa pulau yang cukup terkenal di Kepulaun Seribu antara lain Pulau Tidung, Pulau Semak Daun, Pulau Bira, Pulau Pari serta beberapa pulau lain.

Kepuluan Seribu sendiri terletak sekitar 45 km utara Jakarta. Untuk menuju ke salah satu pulau di Kepuluan Seribu kita membutuhkan waktu sekitar 3 jam perjalanan. Muara Angke menjadi salah satu dermaga yang bisa digunakan untuk menuju Kepulauan Seribu.

 

4. Taman Impian Jaya Ancol

Untuk kamu yang suka teriak-teriak dan menguji adrenalin, Ancol merupakan tempat yang tepat untuk dikunjungi. Banyak wahana di Ancol yang akan membuat adrenalin meningkat drastis. Ancol merupakan kawasan wisata terpadu yang terdiri atas banyak objek. Beberapa objek wisata yang bisa dikunjungi di Ancol antara lain Pantai dan Taman, Dunia Fantasi (Dufan), Atlantis Water Adventure, Gelanggang Samudra, Pasar Seni, Padang Golf serta beberapa tempat lain yang semua bisa dipilih sesuai dengan keinginan.

5.Kota Tua

WP_20140608 6

Kota Tua merupakan salah satu tempat paling menarik di Jakarta. Di kawasan Kota Tua kita akan menemukan bangunan-bangunan tua yang masih seperti aslinya. Kota Tua merupakan kawasan bersejarah. Kawasan ini dulu merupakan salah satu pusat komando di era kolonial Belanda. Di tengah-tengahnya ada alun-alun yang menjadi pusat keramaian. Kita bisa berkeliling di sana menggunakan sepeda unta warna-warni yang seakan telah menjadi ciri khas kawasan Kota Tua

Jika ingin mempelajari sejarah lebih lanjut lagi, kita bisa berkunjung ke museum-museum yang ada di sekitar Kota Tua. Ada 5 museum yang bisa kita kunjungi di sana antara lain Museum Fatahilah, Museum Wayang, Museum Seni Rupa, Museum Bank Indonesia dan Museum Bank Mandiri.

 

TIPS

Berkunjung ke Jakarta tentu kita akan membutuhkan akomodasi penginapan. Untuk keperluan ini, kita bisa mencari referensi melalui internet dengan memanfaatkan beberapa layanan booking hotel. Salah satunya adalah Booking.com. Kita bisa menggunakan layanan tersebut untuk mencari hotel terbaik sesuai dengan budget yang kita punya. Menariknya, di Booking.com kita bisa mendapatkan cashback yang akan diberikan Hadiah.ME kepada setiap member melakukan transaksi di Booking.com.

loading...
The following two tabs change content below.

Rio Rizqiawan

God, family, Juventus and you ~ Fino Alla Fine Forza Juve