8 Hal Tentang Gunung Rinjani Yang Sebaiknya Kamu Tahu

Friends Added

Rinjani merupakan salah satu gunung paling “diburu” oleh setiap pendaki di Indonesia. Tentu ada alasan yang melatar belakanginya. Gunung ini mempunyai keindahan alam yang sungguh mempesona.

Banyak yang bilang bahwa Rinjani merupakan gunung dengan jalur pendakian terindah di Indonesia. Mendaki gunung ini kita akan disambut oleh padang rumput yang indah, danau Segara Anak yang cantik serta pemandangan luar biasa dari ketinggian.

Gunung Rinjani merupakan salah satu aset wisata paling penting di Pulau Lombok, selain pantai tentu saja. Jika tidak sedang ditutup, gunung ini selalu ramai dikunjungi oleh pendaki dari Indonesia, bahkan dunia.

Mendaki Gunung Rinjani tentu akan menjadi sebuah pengalaman menyenangkan dan tak akan pernah terlupakan. Namun, ada baiknya untuk mempelajari lebih jauh tentang gunung ini terlebih dahulu supaya chemistry pendakian menjadi semakin kuat.

Berikut ini adalah 8 hal tentang Gunung Rinjani yang sebaiknya kamu tahu.

 

1. Merupakan gunung api tertinggi kedua di Indonesia

Selain pemandangannya yang indah, salah satu hal yang membuat pendakian ke Gunung Rinjani semakin greget adalah statusnya sebagai salah satu gunung tertinggi di Indonesia. Gunung ini merupakan salah satu anggota dari Seven Summits Indonesia, sebuah istilah untuk menyebut tujuh puncak tertinggi di Indonesia. Tinggi Gunung Rinjani sendiri mencapai 3.726 mdpl.

Khusus untuk gunung berapi, tinggi Gunung Rinjani menempati urutan kedua setelah Kerinci di Sumatra. Menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi para pendaki jika sukses menaklukkan salah satu gunung tertinggi di Indonesia.

2. Punya “anak” yang aktif

Foto: Flickr

Gunung di atas gunung. Terdengar seperti hal yang aneh namun hal itu akan kita temukan di Rinjani. Gunung Rinjani memiliki kaldera yang sangat luas. Kaldera tersebut membentuk sebuah danau yang sangat cantik dipandang dari mana saja. Nah, persis di tepi danau ini ada sebuah gunung api aktif. Gunung ini sering disebut sebagai Gunung Barujari. Beberapa orang juga menyebutnya sebagai anak Gunung Rinjani.

Meski tidak tinggi, efek letusan yang diakibatkan oleh Gunung Barujari juga cukup besar. Seperti beberapa waktu lalu misalnya. Akibat erupsi Gunung Barujari, beberapa jadwal penerbangan di Lombok, Bali dan Jawa Timur terpaksa ditunda. Meski ganas, Gunung Barujari ini terlihat sangat cantik dilihat dari puncak Rinjani serta tepi danau.

 

3. Danau Segara Anak yang cantik

Inilah danau yang dimaksud, Segara Anak. Segara Anak adalah salah satu alasan kenapa banyak orang ingin sekali mendaki Gunung Rinjani. Meski harus menempuh perjalanan yang sangat jauh dan melelahkan, rasanya akan plong jika sudah berada di tepi danau ini. Rasa lelah terbayar sudah.

Danau Segara Anak sendiri berada di ketinggian 2.010 mdpl, membuatnya masuk daftar salah satu danau tertinggi di Indonesia. Di sekitar danau ini terdapat area lapang yang biasa digunakan para pendaki untuk bermalam. Dibutuhkan waktu sekitar 7 jam perjalanan untuk sampai ke danau ini, baik dari jalur Senaru maupun Sembalun.

4. Punya dua jalur pendakian resmi

Foto: Flickr

Gunung Rinjani punya dua jalur pendakian resmi yakni Senaru dan Sembalun. Jalur Senaru berada di Kabupaten Lombok Utara sedangkan jalur Sembalun berada di Kabupaten Lombok Timur. Mendaki dari mana saja kita akan mendapatkan pemandangan yang sama indahnya. Namun, sebagian besar pendaki biasanya melakukan perjalanan naik melalui salah satu dari dua jalur tersebut lalu turun melalui jalur yang lainnya. Alasannya, supaya bisa merasakan sensasi keduanya.

 

5. Puncaknya dikenal dengan nama Puncak Dewi Anjani

Foto: Flickr

Setiap gunung di Indonesia punya puncak dengan namanya masing-masing. Puncak Gunung Kerinci dikenal dengan nama Puncak Indrapura, Puncak Gunung Semeru dikenal dengan nama Puncak Mahemeru. Lalu, apa nama puncak dari Gunung Rinjani?

Puncak Dewi Anjani. Begitulah orang-orang menyebut nama puncak Gunung Rinjani. Dewi Anjani sendiri merupakan salah satu tokoh dewi dalam cerita pewayangan. Namanya juga dewi, ya sudah pasti cantik. Sama seperti Gunung Rinjani yang juga cantik.

6. Sedang dalam proses menuju Global Geopark

Saat ini Indonesia baru punya dua Global Geopark yakni Gunung Batur di Bali serta serta Gunung Sewu di Jawa. Dalam waktu dekat, kemungkinan besar Gunung Rinjani akan masuk dalam daftar Global Geopark.

Apa itu Global Geopark?

Global Geopak merupakan jaringan UNESCO yang terdiri atas situs serta bentang alam tertentu. Untuk bisa masuk dalam daftar ini sebuah kawasan harus memenuhi beberapa kualifikasi tertentu, termasuk di antaranya adalah kebudayaan masyarakat yang tinggal di kawasan tersebut. Jika berhasil menjadi Global Geopark, nama Gunung Rinjani tentu akan semakin dikenal oleh masyarakat dunia.

7. Wacana pembangunan kereta gantung

Wacana pembangunan kereta gantung sesungguhnya sudah lama terdengar. Tak cuma Rinjani, beberapa gunung populer di Pulau Jawa juga diwacanakan akan dibangun Kereta Gantung. Wacana ini tentu membuat jengkel para pendaki. Di sisi lain, pembangunan kereta gantung akan memudahkan wisatawan non-pendaki untuk turut bisa menikmati keindahan alam Gunung Rinjani.

Merealisasikan wacana kereta gantung tentu tak semudah yang dibayangkan. Setiap gunung sesungguhnya punya kearifan lokal tersendiri. Penentangan dari masyarakat yang tinggal di sekitarnya pasti akan ada. Perdebatan tentang kereta gantung tak akan pernah ada habisnya bahkan jika pada akhirnya rencana itu benar-benar direalisasikan. Kalau kamu bagaimana, setuju atau tidak?.

8.  Merupakan salah satu gunung terindah di Indonesia

Untuk penegasan saja. Gunung Rinjani merupakan salah satu gunung dengan jalur pendakian terindah di Indonesia. Bahkan ada yang berpendapat bahwa gunung ini punya jalur pendakian terindah di kawasan Asia Tenggara. Tentu saja kita hanya bisa membuktikan pendapat-pendapat itu ketika kita sudah melihat sendiri seperti apa sebenarnya keindahan itu. Satu-satunya cara adalah mendaki. So, let’s go to Rinjani.

 

Featured image

loading...
The following two tabs change content below.

Agus Panoto