6 Hal Tentang Danau Segara Anak Yang Perlu Kamu Tahu

Friends Added

Danau Segara Anak adalah satu alasan utama kenapa Gunung Rinjani terlihat begitu cantik sehingga membuat banyak sekali orang ingin mendakinya. Mendaki Gunung Rinjani tanpa singgah di danau ini rasanya sia-sia.

Memang membutuhkan usaha yang tidak mudah untuk bisa sampai ke danau ini karna lokasinya yang berada di ketinggian lebih dari 2.000 meter di atas permukaan laut. Namun sekali lagi, keindahan yang dimiliki danau ini mengalahkan semua mental block yang ada.

Daya tarik Segara Anak tidak hanya pada kecantikannya. Bagi masyarakat Suku Sasak (suku asli Lombok) danau ini memiliki tempat khusus dalam kearifan lokal mereka. Pun bagi umat Hindu, Danau Segara Anak juga menjadi tempat yang cukup penting. Beberapa waktu sekali, umat Hindi di Lombok (dan juga Bali) akan berkunjung ke danau ini untuk melakukan ritual tertentu.

Pendaki sejati tentu akan mencari tahu sebanyak mungkin informasi mengenai gunung yang akan ia tuju untuk semakin membangkitkan chemistry pendakian. Nah, kalau kamu ingin mendaki Gunung Rinjani, salah satu tempat yang wajib kamu ketahui latar belakangnya adalah Danau Segara Anak.

Berikut ini adalah beberapa hal menarik tentang Danau Segara Anak yang sebaiknya kamu tahu.

 

1. Mitos soal umur

Hampir semua tempat di sebuah gunung memiliki mitosnya masing-masing. Tak terkecuali Segara Anak. Ada sebuah mitos di danau ini yang mengatakan bahwa barang siapa yang melihat danau ini sebagai danau yang luas, maka orang tersebut akan memiliki umur yang panjang. Sebaliknya, barang siapa yang melihat danau ini sebagai danau yang sempit maka ia akan memiliki umur yang relatif pendek.

Umat Hindu meyakini bahwa danau ini merupakan tempat bersemayam dewa-dewa. Sedangkan umat Islam di Lombok percaya bahwa danau ini merupakan tempat bersemayam para wali yang sudah meninggal.

2. Merupakan salah satu danau tertinggi di Indonesia

Selain pemandangan yang indah, hal lain yang membuat Segara Anak menjadi spesial adalah lokasinya yang berada di ketinggian, yakni pada ketinggian sekitar 2.010 mdpl. Fakta tersebut membuat danau ini masuk ke dalam daftar salah satu danau tertinggi di Indonesia.

Seperti kita ketahui, ada beberapa danau di Indonesia yang lokasinya berada di atas gunung, termasuk Ranau Kumbolo di Gunung Semeru serta Danau Gunung Tujuh di Taman Nasional Kerinci Seblat. Sedangkan untuk danau tertinggi di Indonesia sendiri adalah Danau Habena (3.321 mdpl) yang berada di Pegunungan Trikora, Papua.

3. Boleh memancing

Foto: Flickr

Jangan tinggalkan apapun kecuali jejak. Itulah salah satu prinsip yang harus dipegang betul oleh semua pendaki untuk menjaga kelestarian lingkungan di gunung. Namun, hal itu tidak berlaku di Danau Segara Anak karna tak ada larangan untuk mengambil ikan dengan cara memancing. Jadi, ketika mendaki Gunung Rinjani tak ada salahnya untuk membawa pancing dari rumah dan menikmati momen dengan memancing di Segara Anak. Kapan lagi bisa mancing di gunung ya kan?

4. Ada gua di sekitar danau

Selain kumpulan air yang luas, di sekitar Danau Segara Anak juga ada objek lain yang menarik untuk dijelajahi. Termasuk gua-gua. Ada sekitar tiga gua yang akan kita temukan di sana yakni Gua Susu, Gua Payung, dan Gua Manik. Di antara gua-gua tersebut nama Gua Susu adalah yang paling terkenal. Gua ini berjarak sekitar 1 km dari danau sehingga kita harus trekking terlebih dulu untuk sampai ke sana. Gua ini juga punya arti khusus bagi masyarakat Suku Sasak dan umat Hindu di Lombok.

5. Butuh waktu sekitar 7 jam untuk ke sana

Seperti yang sudah disebutkan, Segara Anak berada pada ketinggian sekitar 2.010 mpl sehingga membutuhkan waktu dan tenaga yang tidak sedikit untuk bisa sampai ke danau cantik ini. Kira-kira, berapa waktu yang kita butuhkan untuk sampai ke sana?.

Jawabannya adalah sekitar 7 sampai 8 jam, baik dari jalur Senaru maupun jalur Sembalun.

6. Ada gunung di salah satu tepinya

Saat berdiri di tepi Danau Segara Anak dan mengarahkan pandang ke salah satu arah kita akan mendapati sebuah pemandangan yang unik, yakni sebuah gunung di atas gunung. Ya, di Gunung Rinjani ada sebuah gunung yang lokasinya berada di atas gunung. Namanya adalah Gunung Barujari. Gunung tersebut berada persis di salah satu tepi danau dan akan terlihat begitu cantik jika dilihat dari puncak Rinjani. Gunung ini sendiri merupakan sebuah gunung berapi yang masih aktif.

 

Featured image

loading...
The following two tabs change content below.

Agus Panoto