5 Potensi Wisata Alam Di Taman Nasional Baluran

Friends Added

Bagi para pecinta alam nama Taman Nasional Baluran bukanlah nama yang asing. Taman nasional yang sering disebut-sebut sebagai Afrika-nya Indonesia ini terletak di antara wilayah Situbondo dan Banyuwangi, Jawa Timur.

Taman Nasional Baluran punya banyak potensi wisata yang cocok untuk para pecinta alam. Di taman nasional ini kita bisa menyaksikan binatang-binatang liar hidup di habitat aslinya. Alasan kenapa Taman Nasional Baluran mendapat julukan sebagai Afrika-nya Indonesia adalah keberadaan padang savana yang begitu luas. Padang savana itu dinamakan Savana Bekol.

Di padang savana ini tersaji pemandangan sebuah gunung yang tampak begitu gagah. Inilah Gunung Baluran yang sekaligus menjadi inspirasi penamaan taman nasional.

Selain Savana Bekol dengan suasana ala Afrika-nya, Taman Nasional Baluran masih punya beberapa potensi wisata lain yang bernuansa alam.

 

1. Pantai Bilik Sijile

Selain daratan, area Taman Nasional Baluran juga mencakup perairan. Oleh karenanya, di Taman Nasional ini terdapat beberapa pantai yang bisa kita kunjungi. Salah satunya adalah Pantai Bilik Sijile. Pantai ini sepi banget karna lokasinya juga cukup tersembunyi di lingkungan hutan.

Untuk bisa sampai kesini kamu bisa menggunakan jalur darat maupun laut. Air yang sangat jernih dengan pemandangan bawah laut yang begitu memukau adalah hal yang akan kamu dapatkan di Pantai Bilik Sijile. Saat air laut sedang surut akan tampak daratan berpasir putih yang berbentuk menyerupai lidah. Inilah yang menjadi dasar penamaan pantai ini. Sijile dalam Bahasa Madura artinya adalah lidah.

 

2. Pantai Bama

Pantai Bama adalah tempat yang sempurna untuk melihat keindahan sunsrise di Baluran. Pantai ini dikelilingi oleh hutan mangrove yang membuat suasana dan pemandangan disana menjadi semakin indah dan natural.

Jika sedang beruntung kamu akan mendapati para kera abu-abu yang sedang memancing menggunakan ekornya. Seperti Pantai Bilik Sijile, di Pantai Bama juga tersaji pemandangan bawah laut yang begitu luar biasa. Berbagai macam terumbu karang serta ikan hias bisa kita lihat di Panta Bama.

 

3. Gunung Baluran

Tentu saja kita bisa mendaki Gunung Baluran yang berada di tengah-tengah taman nasional ini. Gunung ini memang tidak terlalu tinggi karna ketinggian maksimalnya hanya 1.247 mdpl. Namun, view yang akan didapatkan cukup untuk membuat mulut kita speechless.

Gunung Baluran terdiri atas beberapa bukit dengan pemandangan didominasi oleh padang sabana yang luas. Beberapa bukit yang ada di gunung ini antara lain Bukit Glengseran, Bukit Begol, dan Bukit Priuk. Gunung Baluran memiliki dinding kawah non aktif yang cukup luas. Di sisi sebelah timur dinding kawah ini terdapat sebuah sungai yakni Sungai Kacip yang merupakan sumber air bagi satwa-satwa liar yang hidup di sekitar Taman Nasional Baluran.

 

4. Savana Bekol

Inilah objek wisata unggulan di kawasan Taman Nasional Baluran: Savana Bekol. Inilah tempat yang disebut-sebut segai Afrika-nya Indonesia. Padang savana seluas 300 hektare ini adalah padang savana terluas di Pulau Jawa. Pemandangan di padang savana ini akan semakin awesome saat sore hari.

Savana Bekol terletak sekitar 12 km dari pintu masuk Taman Nasional Baluran dan dapat diakses menggunakan sepeda motor maupun mobil. Sepanjang perjalanan kamu akan menjumpai beberapa binatang liar seperti burung merak, ayam hutan dan beberapa binatang lain. Di Savana Bekol ini juga terdapat sebuah gardu pandang yang bisa digunakan untuk melihat pemandangan di kompleks taman nasional. Yang membuat pemandangan di Savana Bekol semakin cantik adalah keberadaan tanaman Acacia nilotica.

 

5. Goa Jepang

Last but not least. Goa Jepang merupakan potensi wisata lain yang ada di kawasan Taman Nasional Baluran. Goa ini merupakan salah satu saksi sejarah bahwa Indonesia pernah dijajah oleh Jepang. Lokasi goa ini berada di depan Kantor Balai TN Baluran di Batangan.

Goa seluas 12 meter persegi ini dulunya digunakan sebagai benteng pertahanan serta tempat penyimpanan amunisi perang. Sebelum mengeksplorasi kawasan Taman Nasional Baluran lebih jauh, jangan lewatkan untuk menengok goa ini terlebih dahulu sebagai awal penjelajahan.

 

NOTE: Gunung Baluran merupakan Zona Inti di Taman Nasional Gunung Baluran, yakni sebuah zona yang murni untuk tujuan konservasi. Artinya, gunung ini tidak dibuka secara umum untuk tujuan wisata.

loading...
The following two tabs change content below.
Alam semesta adalah media belajar paling lengkap. Jadi, jangan pernah sia-siakan