3 Tempat Bagus di Gombong Yang Patut Dikunjungi

Bagi yang sering main ke Kebumen, Gombong pastilah bukan nama yang asing. Gombong merupakan sebuah kota kecamatan di Kabupaten Kebumen sekaligus menjadi kota terbesar kedua di kabupaten tersebut.

Sebagai salah satu kota utama, tentu saja menarik untuk mencari tahu lebih jauh tentang Gombong. Termasuk tempat-tempat mana saja yang cocok untuk dijadikan objek penjelajahan.

Bagi mereka yang menyukai sesuatu yang berbau sejarah, Gombong merupakan tempat yang cocok untuk dikunjungi. Karena, di kota ini terdapat sebuah benteng bersejarah peninggalan Belanda. Benteng ini sekaligus menjadi salah satu alasan utama mengapa banyak orang ingin berkunjung ke kota kecamatan di Kebumen ini.

Selain benteng, ada beberapa tempat lain yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi di Gombong. Berikut ini adalah 3 tempat bagus yang bisa kamu kunjungi jika sedang berada di Gombong.

1. Benteng Van der Wijck

Foto: Flickr

Inilah benteng yang di maksud. Benteng Van Der Wijck atau juga dikenal dengan nama Fort Generaal Cochius. Benteng ini begitu mencolok dengan warna merahnya. Benteng ini merupakan sebuah benteng peninggalan masa kolonial Belanda yang dibangun pada abad ke-18. Luas benteng ini mencapai 3.606 m² dengan tinggi sekitar 9 meter. Di dalam bangunan benteng kita akan menemukan banyak sekali barak karna benteng ini dulu memang difungsikan sebagai barak tentara.

Lokasi Benteng Van Der Wijck berada di Desa Sidayu, Kecamatan Gombong. Yang menarik dari benteng ini adalah keberadaan rel kereta yang berada di bagian atap benteng. Rel ini masih berfungsi. Ada kereta yang bisa kita tumpangi untuk menikmati bangunan benteng dari atas.

 

2. Roemah Martha Tilaar

Khusus untuk cewek, Martha Tilaar tentu bukanlah nama yang terlalu asing. Diadalah tokoh utama dibalik beberapa brand kosmetik dibawah naungan Martha Tilaar Group. Mungkin belum banyak yang tahu bahwa Ibu Martha Tilaar merupakan orang asli Kebumen. Ia lahir dan menghabiskan masa kecilnya di sebuah rumah di Kecamatan Gombong, Kebumen. Rumah itu kini diubah menjadi semacam tempat wisata bernuansa sejarah.

Roemah Martha Tilaar beralamat di Jl. Sempor Lama No. 28, Desa Wonokriyo. Rumah yang dibangun tahun 1920 ini memiliki gaya arsitektur ala Eropa khas bangunan era kolonial. Pengembangan Roemah Martha Tilaar didasarkan pada keinginan Ibu Martha Tilaar untuk memberikan kontribusi kepada tanah kelahirannya. Di tempat ini, pengunjung bisa mempelajari perjalanan hidup sang legenda.

 

3. Waduk Sempor

Sebagian besar wilayah Gombong merupakan dataran rendah sehingga suhu udaranya cenderung panas. Jika ingin mencari tempat untuk ngadem, cobalah untuk melipir ke Waduk Sempor. Lokasi waduk ini sebenarnya berada di Kecamatan Sempor, bukan Gombong. Namun, jaraknya hanya 4 km saja dari Gombong sehingga rasanya cukup merugikan kalau kita melewatkan kesempatan untuk mengunjungi waduk ini selagi di Gombong.

Sama seperti waduk-waduk lainnya, fungsi utama Waduk Sempor juga sebagai sarana irigasi sawah-sawah yang ada di sekitarnya. Waduk ini dibangun dengan membendung aliran Sungai Sempor yang mengalir dari timur laut ke selatan di Kaki Gunung Serayu Selatan. Pemandangan yang ada di waduk ini cukup indah untuk dijadikan objek foto

 

Featured image

loading...
The following two tabs change content below.

Rio Rizqiawan

God, family, Juventus and you ~ Fino Alla Fine Forza Juve