5 Pantai Cantik di Kawasan Mandalika, Lombok

Friends Added

Lombok merupakan pulau cantik yang sangat potensial untuk menjadi the next Bali. Selain lokasinya yang berdekatan (5-6 jam via kapal), pulau ini juga punya pesona alam yang mirip-mirip dengan Bali.

Sama seperti Pulau Dewata, wisata unggulan di Lombok juga ada di sektor bahari, walaupun di pulau ini juga ada Gunung Rinjani yang merupakan salah satu gunung dengan jalur trekking terindah di Indonesia.

Di Lombok sendiri ada sebuah kawasan yang sering disebut dengan Mandalika. Nama ini diambil dari nama seorang putri yang menjadi cerita legenda warga Suku Sasak di Lombok. Kawasan Mandalika berada di Kabupaten Lombok Tengah. Bentuknya berupa kawasan pesisir dengan garis pantai sepanjang ± 16 km.

Dulu, Kawasan Mandalika — yang memiliki deretan pantai cantik — merupakan kawasan wisata yang cukup ramai. Namun, karna beberapa hal kawasan ini menjadi sepi. Wisatawan lebih memilih berkunjung ke wilayah utara Lombok di mana di sana ada Pantai Senggigi serta Gili Trawangan.

Tahun 2015, pemerintah Indonesia melalui Kementrian Pariwisata menjadikan kawasan Mandalika sebagai Kawasan Ekonomi Khusus. Mandalika masuk dalam program percepatan pariwisata yang dikenal dengan 10 Bali Baru. Pemerintah ingin kawasan ini hidup kembali seperti sedia kala.

Ada pantai apa saja, sih di Mandalika?

Berikut ini adalah 5 pantai cantik yang akan kamu temui di sana.

1. Pantai Tanjung Aan

Tanjung Aan merupakan sebuah pantai berpasir putih yang dikelilingi oleh bukit-bukit yang ketika musim hujan akan terlihat sangat hijau. Yang unik dari pantai ini adalah tekstur pasirnya yang mirip bulir-bulir merica sehingga beberapa orang menjuluki pantai ini dengan Pantai Merica. Warna putih pasir pantai ini jika kita perhatikan secara lebih detail dari dekat akan terlihat kehitaman menyerupai merica. Tak jauh dari pantai ini ada sebuah spot yang dinamakan Batu Payung. Untuk sampai ke spot ini kita bisa menyewa perahu para nelayan setempat.

 

2. Pantai Serenting

Masih sedikit sekali orang yang mengetahui keberadaan pantai ini. Padahal pantainya sangat cantik. Lokasi pantai ini berada di sebelah Pantai Seger. Biasanya pantai ini akan sangat ramai saat perayaan Festival Bau Nyale. Selebihnya, tidak banyak yang berkunjung ke pantai cantik ini. Saat ini, pantai ini masih dikelola secara sederhana oleh Kelompok Sadar Wisata desa setempat.

3. Pantai Seger

Putri Mandalika dikisahkan sebagai seorang putri raja yang memiliki paras cantik. Ia memiliki banyak sekali penggemar. Monumen putri cantik tersebut — beserta para penggemarnya — dibangun di salah satu spot di kawasan Pantai Seger, Lombok.

Pantai Seger sendiri merupakan salah satu pantai paling terkenal di kawasan Mandalika selain Kuta. Pantai ini menjadi pusat perayaan Festival Bau Nyale yang rutin diadakan setiap tahun di Lombok. Di sekitar pantai ini ada sebuah resort yang halaman belakangnya langsung mengarah ke Pantai Seger.

 

4. Pantai Kuta

Tidak hanya di Bali. Di Lombok juga ada pantai dengan nama Kuta. Bisa dibilang kalau saat ini Pantai Kuta merupakan pantai paling ramai di Kawasan Mandalika. Kawasan di sekitar pantai ini memang telah berkembang sebelum pemerintah memasukkan kawasan Mandalika ke dalam 10 Bali Baru. Beberapa toko souvenir serta rental peralatan surfing sudah banyak terdapat di sekitar pantai.

 

5. Pantai Gerupuk

Last but not least. Pantai lain di kawasan Mandalika yang tidak keren adalah Pantai Gerupuk. Di kawasan Mandalika, pantai ini dikenal sebagal salah satu lokasi surfing. Bagi yang tidak bisa berselancar, mengunjungi pantai ini bukan merupakan pilihan yang salah karna kita masih bisa melakukan banyak kegiatan menarik lain. Suasana di pantai ini sendiri tak jauh beda dengan pantai-pantai lain di Mandalika — juga Lombok secara umum, yakni berpasir putih dengan ombak di bibir pantai yang cenderung kalem. Kawasan pantai ini juga sudah cukup berkembang dengan keberadaan beberapa fasilitas pendukung. Pantai ini berjarak sekitar 9 km dari Pantai Kuta.

loading...
The following two tabs change content below.

Rio Rizqiawan

God, family, Juventus and you ~ Fino Alla Fine Forza Juve