13 Tempat Wisata Terbaik di Cianjur, Jawa Barat

Kecuali Pangandaran, jarang-jarang ada daerah di Jawa Barat yang punya wisata pantai. Cianjur adalah salah satu daerah yang masuk kategori jarang tersebut. Meskipun memang, wisata dengan nuansa alam pegunungan masih menjadi andalan di Cianjur.

Wisata pantai di Cianjur berada di wilayah bagian selatan yang berbatasan dengan Samudra Hindia. Secara garis besar, potensi wisata di Cianjur lebih didominasi oleh wisata bernuansa alam pegunungan. Gunung Gede-Pangrango, duo gunung yang menjadi idola para pendaki di Jawa Barat, sebagian wilayahnya juga masuk Kabupaten Cianjur. Selain itu, kita tentu tahu kalau di Cianjur juga ada situs megalitikum Gunung Padang yang sempat menjadi headline di beberapa media masa beberapa waktu silam.

Jika kamu sedang merencanakan perjalanan liburan ke Cianjur atau kebetulan sedang ada tugas di Cianjur dan ingin mengunjungi beberapa tempat wisata di akhir pekan, berikut ini adalah referensi yang bisa kamu kunjungi.

 

1. Situs Gunung Padang

Situs Gunung Padang merupakan salah satu situs bersejarah yang berasal dari jaman megalitikum alias jaman batu. Situs ini dipercaya sebagai kawasan kompleks punden berundak terbesar di Asia Tenggara dan beberapa waktu lalu sempat menjadi headline di media masa karna konon ukuran punden berundak di Gunung Padang ini lebih besar dari Piramida di Mesir. Selain itu, usia punden berundak ini juga jauh lebih tua dari Piramida di Mesir. Pundek berundak di Gunung Padang diperkirakan sudah ada sejak 4.700 – 10.900 sebelum masehi.

Situs Gunung Padang sendiri berada pada ketinggian sekitar 885 mdpl. Penelitian tentang kawasan ini masih berlangsung hingga saat ini.

 

2. Situs Gunung Kasur

Selain Gunung Padang, ada satu tempat lagi di Cianjur yang juga diyakini sebagai peninggalan dari jaman megalitikum yakni Gunung Kasur. Di tempat ini memang tidak terdapat punden berundak super luas seperti halnya di Gunung Padang. Namun, ada beberapa benda yang menandakan bahwa gunung ini merupakan peninggalan dari jaman batu. Gunung Kasur memiliki tinggi sekitar 1.080 mdpl. Di puncaknya terdapat makam yang dikeramatkan oleh warga setempat. Lokasi gunung ini berada di antara Desa Gadog dan Cibodas di Kecamatan Pacet.

 

3. Gunung Gede-Pangrango

Gunung Gede dan Pangrango adalah dua gunung yang berada di pada kawasan yang sama. Lokasi gunung ini berada di tiga wilayah kabupaten di Jawa Barat yakni Bogor, Cianjur dan Sukabumi. Gunung Gede-Pangrango dapat didaki dari beberapa jalur pendakian. Salah satunya adalah jalur Cibodas yang berada di Cianjur. Gunung Gede-Pangrango sendiri merupakan dua gunung yang menjadi idola para pendaki yang domisili di Jawa Barat. Sewaktu hidup dulu, Su Hok Gie juga sering mendaki dua gunung ini. Alun-alun Surya Kencana merupakan salah satu spot paling menarik di kawasan Gunung Gede-Pangrango. Spot ini merupakan salah satu tempat terbaik di Indonesia untuk menikmati keindahan bunga edelweis.

 

4. Kebun Raya Cibodas

Jika mendaki Gunung Gede-Pangrango via Cibodas, jangan lewatkan kesempatan untuk mampir ke Kebun Raya Cibodas yang dipenuhi dengan berbagai flora. Taman ini masih berada di kawasan Gunung Gede-Pangrango. Kebun Raya Cibodas merupakan cabang dari Kebun Raya Bogor. Kebun raya ini dibangun tahun 1852 oleh ahli botani asal Belanda, Elias Teijsmann. Selain menjadi pusat penelitian, tempat ini juga dibuka untuk umum sebagai tempat wisata. Berbagai fasilitas penunjang wisata telah dibangun di kawasan kebun raya termasuk playing ground untuk anak-anak, shelter, pendopo, teater alam terbuka, serta camping ground seluas 3 hektar.

 

5. Taman Bunga Nusantara

Di Cianjur ada sebuah taman super luas yang dipenuhi dengan tanaman bunga. Namanya adalah Taman Bunga Nusantara. Taman ini memiliki luas mencapai 35 hektar dan sebagian besar wilayahnya ditumbuhi oleh bunga dari berbagai jenis. Jadi, tidak kebayang bagaimana indahnya taman ini, serasa di Belanda. Lokasi taman bunga ini berada di Desa Kawungluwuk, Kecamatan Sukaresmi. Untuk memudahkan para pengunjung menjelajahi seluruh taman, pengelola telah menyediakan mobil yang telah didesign khusus untuk berkeliling.

 

6. Tirta Jangari

jangari

Waduk Cirata merupakan salah satu waduk terbesar di Indonesia yang lokasinya berada di tiga wilayah kabupaten di Jawa Barat yakni Purwakarta, Bandung dan Cianjur. Sebagian besar genangan Waduk Cirata justru berada di Cianjur meskipun sebagian orang mungkin mengenal waduk ini sebagai Waduk Cirata Purwakarta. Selain untuk keperluan PLTA dan irigasi, waduk ini juga dikembangkan sebagai tujuan wisata. Di Cianjur ada tempat yang namanya Tirta Jangari. Tempat ini merupakan bagian dari Waduk Cirata. Di tempat ini terdapat banyak warung apung. Jika ingin berkeliling danau, kita bisa menyewa perahu yang banyak disewakan.

 

7. Curug Citambur

Citambur adalah nama sebuah curug yang berada di perbatasan wilayah Kabupaten Cianjur dan Bandung. Secara administratif lokasi curug ini berada di Desa Karang Jaya, Kecamatan Pasirkuda, Kabupaten Cianjur. Namun curug ini juga bisa diakses dari kawasan perkebunan teh Rancabali yang berada di Ciwidey, Bandung. Curug Citambur sendiri merupakan sebuah curug yang cukup tinggi dengan volume air yang juga cukup tinggi. Tinggi air terjun ini sekitar 130 meter.

 

8.Curug Cikondang

Jika kamu berencana untuk berkunjung ke Situs Gunung Padang, jangan lewatkan kesempatan untuk mampir ke Curug Cikondang yang jaraknya sekitar 7 km dari situs megalitikum tersebut. Masih berada di kecamatan yang sama. Curug Cikondang berbentuk melebar dengan volume air yang cukup tinggi, terutama di musim penghujan. Curug ini sendiri tidak terlalu tinggi, sekitar 50 meter saja. Saat ini, Curug Cikondang belum dikembangkan dengan cukup serius oleh dinas terkait sehingga fasilitasnya masih minim. Namun justru itulah yang membuat kunjungan ke curug ini menjadi semakin worth it karna suasananya masih cukup natural.

 

9. Kebun Teh Gedeh

Jawa Barat merupakan propinsi penghasil teh terbesar di Indonesia. Wajar saja karna di propinsi ini memang banyak terdapat perkebunan teh yang tersebar di Bandung, Bogor hingga Cianjur. Jika kamu sedang jalan-jalan ke Cianjur dan ingin merasakan suasana hijau khas perkebunan teh, datanglah ke Kebun Teh Gedeh yang lokasinya 7,2 Km dari Jalan Raya Cipanas-Cianjur. Konon, kebun teh ini merupakan salah satu kebun teh tertua di Pulau Jawa.

 

10. Kota Bunga

Apa itu Kota Bunga?. Di tempat ini kita bisa melakukan kegiatan menarik yakni naik perahu melewati wilayah pemukiman. Kebetulan, di wilayah pemukiman di tempat ini terdapat parit-parit yang memang telah didesign sedemikian rupa. Tempat ini secara sekilas akan mengingatkan kita dengan kota Venisia di Italia. Faktanya, beberapa orang memang menyebut tempat ini dengan Little Venice.

Kota Bunga alias Little Venice sendiri merupakan sebuah kawasan Villa Estate yang dibangun di atas lahan seluas 125 ha. Lokasi kawasan pemukian elite ini berada di wilayah pegunungan dengan ketinggian sekitar 700 mdpl. Lokasi tempat ini sendiri berada di Jl. Hanjawar, Desa Sukanagalih, Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur

 

11. Sungai Cikundul

Sungai Cikundul merupakan sebuah sungai di Cianjur yang dikenal sebagai lokasi rafting. Sungai ini memiliki jeram yang masuk dalam grade 3 dalam klasifikasi arung jeram. Di Jawa Barat, nama sungai ini mungkin belum terlalu terkenal seperti halnya Sungai Citarik. Namun, jeram yang begitu menantang membuat Sungai Cikundul ini sangat potensial untuk lokasi rafting.

 

12. Pantai Sereg

Seperti yang sudah disebutkan di awal. Wilayah selatan Cianjur berbatasan dengan Samudra Hindia sehingga Cianjur juga punya potensi wisata pantai yang jika dikembangkan juga bisa menjadi aset daerah. Salah satu pantai yang bisa dikunjungi di Cianjur adalah Pantai Sereg. Pantai ini memiliki pasir berwarna keabuan dengan ombak yang relatif tinggi. Jaraknya memang cukup jauh dari pusat kota Cianjur, yakni sekitar 120 km. Namun tak ada salahnya untuk berkunjung ke pantai ini sebagai destinasi wisata di akhir pekan.

 

13. Pantai Jayanti

pantai-jayanti

Foto: @maya06rm

Selain Pantai Sereg, pantai lain yang juga tidak kalah menarik untuk dikunjungi di Cianjur adalah Pantai Jayanti. Suasana yang ada di lokasi pantai ini tak jauh berbeda dengan Pantai Sereg. Hanya saja, di pantai ini mungkin kamu akan melihat lebih banyak perahu karna Pantai Jayanti memang menjadi salah satu pusat kegiatan para nelayan di Cianjur. Lokasi pantai ini sendiri berada di Desa Cidamar, Kecamatan Cidaun yang berjarak sekitar 140 km dari pusat kota Cianjur.

 

Featured image

loading...
The following two tabs change content below.

Agus Panoto