Umbul Manten. Jernih, Bersih dan Relaxing

Kata Umbul merujuk pada sebuah kolam pemandian yang terdapat sumber air alami. Di Klaten, tempat-tempat seperti ini jumlahnya sangat banyak. Yang paling terkenal tentu adalah Umbul Ponggok.

Salah satu umbul lain yang akan kita temukan di Klaten adalah Umbul Manten. Lokasi umbul ini sebenarnya tidak terlalu jauh dari Umbul Ponggok, tepatnya di kawasan Janti yang dikenal sebagai kawasan pemancingan. Berbeda dengan Umbul Ponggok, untuk sampai ke lokasi Umbul Manten kita harus berjalan kaki selama beberapa menit dari lokasi parkir.

Kolam pemandian di Umbul Manten ini sebenarnya tidak terlalu besar, juga tidak terlalu dalam. Kedalamannya hanya seukuran dada orang dewasa. Daya tarik utama dari umbul ini — sebagaimana umbul-umbul lain — adalah kondisi airnya yang sangat jernih dan bersih. Menjadikannya sangat menggoda iman.

Karna tidak terlalu dalam, Umbul Manten cenderung kurang ideal untuk belajar berenang. Tempat ini cenderung lebih cocok untuk bersantai sambil mainan air. Pengunjung yang datang ke sini biasanya hendak melakukan foto underwater. Saking beningnya air di umbul ini, kita bisa melihat dasar kolam.

Pengunjung yang sedang bersantai di hammock di Umbul Manten. Foto: https://www.instagram.com/p/BCsiaDfoV1y/

Pengunjung yang sedang bersantai di hammock di Umbul Manten. Foto: @putrikajeng

Suasana di kolam ini terasa sejuk dan rindang karna terdapat sebuah pohon beringin besar yang senantiasa memberi keteduhan. Namun, di sisi lain, keberedaan pohon beringin tua tersebut juga turut membuat suasana di sana menjadi sedikit mistis. Apalagi, di Umbul Manten ini memang terdapat sebuah mitos.

Di sekitar Umbul Manten ini sebenarnya ada dua kolam. Yang pertama adalah Umbul Manten itu sendiri. Sedangkan yang kedua adalah Umbul Pelem.

Jernihnya air di Umbul Manten. Foto: https://www.instagram.com/p/BB7EBN1Hghz/

Jernihnya air di Umbul Manten. Foto: @laliadus

Konon, pada jaman dulu ada sepasang pengantin muda yang baru menikah. Keduanya mendapat nasihat dari orang tuanya untuk tidak keluar bersama menjelang senja pada 40 hari pertama pasca pernikahan. Namun, keduanya tidak menuruti nasihat tersebut dan memutuskan untuk keluar bersama menjelang senja.

Pada sebuah titik saat mereka pergi bersama, terdapat sebuah keanehan. Sang suami — yang berjalan di depan — tidak menemukan sang istri ketika menengok ke belakang. Begitu juga dengan sang istri. Ia tiba-tiba tidak melihat suaminya yang tadi berjalan di depannya. Nah, kedua kolam yakni Umbul Manten dan Umbul Pelem ini dipercaya sebagai lokasi hilangnya kedua insan tersebut.

 

Tampilkan peta Umbul Manten

 

Featured image

loading...
The following two tabs change content below.
Alam semesta adalah media belajar paling lengkap. Jadi, jangan pernah sia-siakan