Sandal Jodoh. Spot Unik di Pantai Tapak Paderi Bengkulu

Friends Added

Ada banyak cara kreatif yang bisa dilakukan untuk membuat sebuah tempat wisata terlihat lebih menarik. Salah satunya adalah dengan membuat spot khusus untuk foto.

Belakangan ini, semakin banyak saja tempat wisata yang dikembangkan dengan konsep unik khusus untuk foto, terutama foto selfie. Di Bengkulu, ada sebuah pantai yang dilengkapi dengan sebuah spot unik untuk berfoto. Spot tersebut dinamakan Sandal Jodoh.

Pantai di mana spot Sandal Jodoh berada adalah Pantai Tapak Paderi. Pantai ini merupakan salah satu tempat wisata yang cukup terkenal di Bengkulu. Lokasinya dapat diakses sekitar 10 menit saja dari pusat Kota Bengkulu. Adapun Sandal Jodoh sendiri merupakan kumpulan sandal yang ditata sedemikian rupa pada sebuah tempat semacam dinding serta tibang bambu. Konsepnya mirip seperti gembok cinta yang bisa kita jumpai di beberapa tempat. Hanya saja, yang menjadi simbol cinta di spot ini bukanlah gembok melainkan sendal.

Kalau dipikir-pikir terlihat lebih make sense sih. Sandal kan berpasangan.

Tapi ternyata, ide awal Sandal Jodoh bukanlah untuk keperluan seperti itu. Jikapun pada akhirnya banyak pengunjung yang tertarik untuk foto serta meninggalkan sandal mereka di spot ini, itu hanyalah efek samping saja.

A photo posted by helia defitasari (@helia.ds) on

Cerita Sandal Jodoh ini berawal dari keprihatian beberapa nelayan di Pantai Tapak Paderi tentang banyaknya sampah di kawasan pantai. Kebanyakan sampah yang ada di pantai ini adalah botol serta sandal jepit. Aris, salah satu nelayan di pantai ini berinisiasi untuk mengumpulkan sandal-sandal serta botol air mineral dan menggantungnya di beberapa tiang bambu. Tak dinyana, sandal-sandal yang digantung tersebut ternyata menarik banyak wisatawan untuk berfoto. Beberapa wisatawan yang datang bersama pasangan bahkan juga meninggalkan sandal mereka dengan harapan kisah cinta mereka akan langgeng. Dari sini lah kemudian muncul nama Sandal Jodoh.

Tak cuma sandal, botol-botol air mineral yang banyak ditemukan di sekitar pantai juga dirangkai sedemikian rupa untuk menjadi spot menarik. Langkah kreatif seperti ini sepertinya layak untuk ditiru. Dengan sedikit sentuhan kreativitas, sampahpun ternyata juga bisa menjadi hal yang menarik.

 

Featured image

loading...
The following two tabs change content below.

Rio Rizqiawan

God, family, Juventus and you ~ Fino Alla Fine Forza Juve