Liburan merupakan salah satu kegiatan yang kini bukan hanya menjadi kebutuhan sekunder atau tersier lagi tetapi menjadi kebutuhan yang primer. Dengan berlibur menjadikan pikiran lebih tenang dan lebih santai dalam menghadapi hari-hari setelah penat bekerja atau pun dengan tumpukan tugas-tugas bagi kamu yang anak sekolah atau mahasiswa.

Liburan kini bukan hanya hal yang sering dikesampingkan seperti dulu, kini liburan menjadi gaya hidup baru yang penting apalagi kini banyak sekali tempat wisata yang dibangun oleh pemerintah yang memang dibangun untuk memajukan wisata Indonesia.

Jogja adalah salah satu tempat wisata yang termasuk tempat wisata terlaris dan banyak pengunjung baik dari luar dan dalam Jogja itu sendiri. Liburan di Jogja merupakan pilihan karena menjadi liburan yang murah sehingga menjadi banyak pilihan.

Berikut cara-cara berlibur Murah di Jogja :

Naik Kereta Api untuk Alat Transportasinya

Untuk menghemat biaya transportasi, biasanya kereta adalah salah satu jalan utama. Kereta Api adalah salah satu transportasi umum yang ramah dan tentunya nyaman. Apalagi jika kamu merupakan wisatawan yang berangkat dari Solo, untuk tiket kereta saja hanya perlu membayar 8 ribu rupiah saja.

Kamu bisa membeli tiket kereta ke Jogja di berbagai tempat, baik langsung ke Stasiun atau dengan menggunakan traveloka yang tentu saja akan lebih mudah dan murah. Kamu bisa memanfaatkannya dengan memilih kereta Api yang paling relevan dengan keadaan kamu sendiri.

Berbelanja Pakaian, pernak-pernik, dan sekalian berlibur di Malioboro

Setelah sampai di Stasiun, atau biasa kita turun di Stasiun Tugu yang dekat dengan Malioboro yang tentunya bisa menjadi destinasi wisata yang sangat murah. Selain itu di Malioboro terdapat banyak sekali berbagai baju, sandal, tas dan juga aksesoris wanita maupun pria yang murah meriah.

Kamu memborongnya sesuai dengan keinginan kamu. Kamu juga bisa membeli dengan jumlah yang banyak dengan harga sangat terjangkau. Kamu bisa menikmati keindahan jalanan Malioboro sekaligus dengan menikmati banyaknya hal yang bisa dibeli.

Cari Tempat Wisata yang Dekat, Murah, dan Instagramable

Yogyakarta merupakan salah satu tempat yang banyak memiliki tempat wisata yang dekat, murah dan memiliki spot foto menarik yang bisa digunakan untuk membuat feeds Instagram kamu dengan berbagai latar belakang. Hampir semua tempat wisata yang ada di Jogja selalu memiliki harga tiket yang murah. Yang dekat dengan Malioboro pun juga banyak.

Kamu bisa menikmati berjalan-jalan asyik di Alun-alun Kidul dan menikmati pagi atau sore bersama teman dengan menantang diri untuk bisa berjalan dengan mata terpejam untuk sampai di pertengahan pohon beringin yang besar di tengah alun-alun Kidul Yogyakarta.

Selanjutnya bisa ke kompleks Taman Sari yang lumayan dekat dengan berjalan kaki, atau juga bisa dengan naik becak yang pastinya akan mudah dan menyenangkan untuk menikmati kota Jogja yang keren.

Makan di Tempat Makan yang legendaris tapi Murah

Liburan tidak pas jika tidak dibarengi dengan makan makanan yang khas di Jogja yang menjadi makanan legendaris dan terkenal enak, dan tentunya sangat murah. Kamu bisa makan di Mie Ayam Bu Tumini yang sangat terkenal di Jogja, Gudeg Mbah Lindu yang rasanya masih sangat orisinal.

Kamu juga bisa menikmati soto bathok mbah Katro yang murah meriah, Sate klatak pak Bari, Es buah PK yang segar dan berwarna-warni, Gudeg Pawon yang ramai dan masih banyak lainnya yang bisa kamu nikmati dengan harga yang sangat murah meriah.

Beli Oleh-oleh Khas yang murah meriah

Kamu bisa memilih membeli oleh-oleh makanan atau pernak-pernik yang bisa dipakai untuk aksesoris atau untuk pakaian. Kamu bisa membeli makanan khas yaitu bakpia pathok yang menjadi khas dan masih banyak lagi makanan khas modifikasi seperti bakpia dengan rasa-rasa dan juga bakpia kukus yang nikmat.

Selain itu, ada juga makanan yang bukan khas Jogja tetapi hanya ada di Jogja yaitu makaroni ngehe yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan, selain makaroni juga ada banyak sekali camilan makanan ringan yang menggugah selera.