3 Pasar Tradisional di Solo Yang Cocok Untuk Belanja Oleh-oleh

Ada yang bilang kalau traveler yang baik adalah mereka yang tak pernah menganggap dirinya orang asing ketika mengunjungi tempat baru, meskipun sejatinya tempat itu memang asing.

Salah satu cara yang bisa kita coba untuk tidak menjadi orang asing adalah dengan menganggap diri kita seolah-olah sebagai warga lokal. Misalnya dengan mengunjungi pasar tradisional sembari membaur dengan warga lokal.

Ngomong-ngomong soal pasar tradisional, Kota Solo punya beberapa pasar tradisional yang namanya cukup terkenal. Pasar-pasar tradisional tersebut — sebagaimana umumnya — menjadi pusat kegiatan ekonomi sebagian warga Solo sekaligus identitas Kota Budaya.

Mengunjungi pasar tradisional akan menjadi sebuah pengalaman yang sangat menarik dan berkesan. Terlebih lagi, pasar-pasar tradisional di Solo telah ditata sedemikian rupa supaya lebih ramah untuk wisatawan dan juga warga Solo, tentu saja.

Dari sekian banyak pasar tradisional yang ada di Solo, berikut ini adalah tiga pasar paling terkenal yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi, sekaligus menjadi tempat yang sangat cocok untuk mencari oleh-oleh.

1. Pasar Gede

pasar-gede

Lokasi pasar ini hanya berjarak beberapa langkah saja dari Balai Kota Solo. Inilah salah satu pasar tradisional terbesar sekaligus paling terkenal di Solo. Pasar ini mirip dengan Pasar Beringharjo di Jogja. Ada apa saja di pasar ini?.

Pasar Gede merupakan pasar tradisioanl yang menjual berbagai kebutuhan sehari-sehari seperti sayuran, buah, bumbu-bumbu dapur dan lain sebagainya. Salah satu jenis dagangan yang akan banyak kita jumpai di pasar ini adalah makanan-makanan tradisional seperti yang biasa kita lihat di toko-toko oleh-oleh, namun lebih lengkap. Selain untuk belanja oleh-oleh, Pasar Gede juga merupakan tempat yang cocok untuk hunting kuliner khas Solo. Dawet Telasih Bu Dermi yang terkenal itu juga ada di pasar ini.

Saran saja. Kalau kamu hendak mencari oleh-oleh khas Solo untuk dibawa pulang, datanglah ke pasar ini. Semua yang kamu mau pasti ada.

2. Pasar Klewer

Pasar Klewer menjadi salah satu pusat jual beli pakaian di Solo. Di pasar inilah biasanya para pegadang pakaian mencari barang untuk dijual kembali. Pasar Klewer merupakan tempat yang ideal kalau kamu ingin beli oleh-oleh berupa pakaian ala Solo.

Lokasi asli pasar ini berada tak jauh dari kawasan Kampung Batik Laweyan yang lokasinya berada di sekitar Kraton Kasunanan. Hanya saja, akibat terkena bencana kebakaran beberapa waktu lalu, Pasar Klewer saat ini sedang dalam proses revitalisasi. Alun-alun Lor menjadi tempat sementara untuk menampung seluruh pedagang di Pasar Klewer. Lokasi Alun-alun Lor sendiri juga tak jauh-jauh amat dari Pasar Klewer. Masih bisa dijangkau dengan jalan kaki dari lokasi asli Pasar Klewer.

3. Pasar Triwindu

Pernah ke Pasar Kangen di Jogja?. Kira-kira seperti itulah barang-barang yang akan kita temukan di Pasar Triwindu. Pasar ini merupakan tempat wajib bagi mereka yang gemar mengoleksi barang-barang vintage semacam guci, berbagai macam mainan tradisional jadul, perkakas dapur jadul, berbagai jenis keramik dan lain-lain. Pokoknya yang jadul-jadul ada di sini.

Lokasi pasar ini sendiri berada persis di depan Pura Mangkunegaran. Pintar-pintar saja ketika memilih barang-barang antik di pasar ini untuk mendapatkan barang yang asli. Sekedar informasi. Setiap Sabtu malam, ada pasar malam yang dikenal dengan Ngarsopuro Night Market. Kalau kamu berkunjung ke Solo saat akhir pekan, pasar tersebut mungkin juga kamu masukkan dalam daftar itinerary.

The following two tabs change content below.

Rio Rizqiawan

God, family, Juventus and you ~ Fino Alla Fine Forza Juve

Leave a Reply