Candi Plaosan. Tetangga Prambanan Yang Tak Banyak Dikenal

Kapan terakhir kali kamu berkunjung ke Candi Prambanan? Jika sudah cukup lama dan ingin berkunjung lagi, jangan lewatkan kesempatan untuk mampir ke Candi Plaosan. Sebuah candi cantik yang keberadaannya tampaknya belum terlalu banyak diketahui wisatawan.

Lokasi candi ini hanya berjarak sekitar 1 km saja dari Candi Prambanan menuju ke arah timur laut. Lokasinya masuk wilayah Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Tepatnya di Dukuh Plaosan, Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan.

Candi ini merupakan sebuah candi bercorak Buddha yang dibangun pada abad ke-9 oleh Raja Rakai Pikatan dan Sri Kahulunan pada zaman Kerajaan Mataram Kuno. Candi ini terdiri atas dua bagian yakni Candi Plaosan Lor dan Candi Plaosan Kidul. Objek utamanya adalah Candi Plaosan Lor.

Candi Plaosan Lor terdiri atas dua candi utama yang berbentuk identik. Kedua candi tersebut didampingi oleh beberapa candi perwara yang berjejer di sisi sebelah timur. Jumlah candi perwara di kompleks candi ini cukup banyak. Di sekitar candi banyak sekali reruntuhan-reruntuhan batu andesit. Membuat kita bertanya, ini sebenarnya memang reruntuhan atau material untuk membangun candi baru?

Deretan Candi Perwara di di kompleks Candi Plaosan Lor

Deretan Candi Perwara di di kompleks Candi Plaosan Lor

Sedangkan di kompleks Candi Plaosan Kidul kita hampir tak akan menemukan bangunan candi utuh. Kompleks ini hanya berupa reruntuhan-reruntuhan. Kalaupun ada bangunan candi, maka itu hanya berupa candi perwara yang ukurannya tidak terlalu besar. Tiket masuk kedua candi ini dijadikan satu paket.

Candi Plaosan sejatinya memiliki pesona yang tidak kalah memikat dengan candi-candi yang berada di kompleks Candi Prambanan. Hanya saja, entah kenapa belum banyak yang mengetahui keberadaannya. Padahal, lokasinya terhitung tak terlalu jauh dari Candi Prambanan. Jika dilihat secara sekilas, bentuk arsitektur Candi Plaosan ini mirip dengan Candi Sari di Sleman. Bedanya, di Candi Sari hanya ada satu candi.

Langit sore di Candi Plaosan

Langit sore di Candi Plaosan

Suasana sore di Candi Plaosan terlihat sangat asik. Sebelah barat kompleks candi ini merupakan area persawahan. Jika sedang beruntung (saat langit sedang cerah), kamu akan mendapatkan pemandangan senja yang istimewa di candi ini.

 

Tampilkan peta Candi Ijo
The following two tabs change content below.
Penggemar dan pengguna perangkat lunak berbasis open source. Suka jalan-jalan ke pantai

Leave a Reply