8 Fakta Menarik Gunung Prau Yang Perlu Kamu Tahu

Jika ada satu tempat di Dieng yang memiliki pemandangan sunrise paling indah maka tempat itulah pastilah Gunung Prau. Kenapa? Karna Gunung Prau merupakan titik tertinggi di Dieng.

Selama ini, sebagian besar orang masih menjadikan Bukit Sikunir sebagai tujuan utama untuk menikmati pemandangan sunrise di Dieng. Bukit itu memang punya pemandangan sunrise yang istimewa. Namun, apa yang disajikan oleh Gunung Prau ini akan terlihat lebih mengagumkan, meskipun kita harus mengeluarkan tenaga lebih untuk ke sana.

Gunung Prau sendiri termasuk salah satu gunung dengan pemandangan paling indah di Jawa Tengah. Puncaknya dipenuhi dengan pemandangan rumput-rumput hijau yang menyegarkan mata. Yang istimewa dari gunung ini adalah jalur pendakiannya yang relatif tidak terlalu sulit dan sangat ramah untuk para pemula. Itulah sebabnya kenapa gunung ini tak pernah sepi dari aktivitas pendakian.

Sebelum memutuskan untuk mendaki Gunung Prau, ketahui dulu 8 fakta menarik berikut ini supaya kamu tidak “buta” tentang gunung yang hendak kamu daki.

 

1. Merupakan titik tertinggi di Dieng

Sebagaimana kita tahu, Dataran Tinggi Dieng membentang di wilayah Kabupaten Banjarnegara dan Wonosobo, Jawa Tengah. Di Dataran Tinggi Dieng kita akan menemukan banyak bukit, telaga serta kawah-kawah vulkanik yang masih aktif. Nah, Gunung Prau juga merupakan bagian dari Dataran Tinggi Dieng.

Dengan tinggi mencapai ± 2.565 mdpl, Gunung Prau merupakan titik tertinggi di Dataran Tinggi Dieng. Maka tak heran kalau gunung ini memiliki pemandangan spektakuler yang membuat banyak orang ingin datang dan menyaksikan sendiri keindahan yang dimilikinya.

 

2. Lokasinya berada di 5 kabupaten di Jawa Tengah

Sebagian orang mungkin masih mengira bahwa lokasi Gunung Prau hanya berada di Kabupaten Wonosobo saja. Padahal tidak demikian. Lokasi persis gunung ini sebenarnya berada di wilayah perbatasan antara lima kabupaten di Jawa Tengah yakni Kendal, Banjarnegara, Wonosobo, Batang, dan Temanggung.

Memang, jalur pendakian paling terkenal gunung ini, yakni Patak Banteng, berada di kabupaten Wonosobo. Namun, ada beberapa jalur lain yang juga bisa kita gunakan unttuk sampai ke puncak, yang lokasinya berada di luar Wonosobo.

3. Membutuhkan waktu rata-rata 3 jam untuk sampai ke puncak

Gunung Prau tidak bisa dikatakan tinggi, tidak pula bisa dikatan rendah. Sedang. Bentuk gunung ini memanjang sehingga kondisi medan di jalur pendakiannya tidak terlalu berat. Rata-rata, kita membutuhkan waktu sekitar 3 jam untuk sampai ke puncak dari base camp pendakian.

4. Salah satu gunung dengan jalur pendakian terbanyak

Seperti yang sudah disinggung di atas, jalur pendakian Gunung Prau tidak hanya dapat kita jumpai di Wonosobo. Di Kabupaten Banjarnegara dan Temanggung juga terdapat jalur pendakian.

Gunung Prau merupakan salah satu gunung di Indonesia yang memiliki jalur pendakian terbanyak. Sampai saat ini, tercatat ada 8 jalur pendakian (yang mungkin akan masih bertambah). Dari 8 jalur tersebut, 6 diantaranya adalah: Patak Banteng, Dieng Wetan, Dieng Kulon, Kali Lembu, Campurejo dan Wates.

5. Salah satu spot sunrise terbaik di Jawa Tengah

Jika Jawa Timur punya Gunung Bromo, maka Jawa Tengah punya Gunung Prau. Keduanya memang memiliki karakteristik yang berbeda. Gunung Bromo masih aktif sedangkan Gunung Prau tidak. Namun, baik Bromo maupun Prau merupakan tempat yang ideal untuk menikmati pemandangan sunrise. Di Bromo, ada Gunung Semeru yang menjadi background pemandangan sunrise. Sedangkan di Prau ada Gunung Sindoro dan Sumbing yang tidak kalah cantik. Itu belum termasuk Gunung Merapi dan Merbabu yang juga akan terlihat sangat mungil saat cuaca sedang cerah.

Tak perlu diragukan lagi, Gunung Prau merupakan salah satu tempat terbaik untuk menikmati pemandangan matahari terbit di Jawa Tengah.

6. Salah satu gunung paling friendly untuk pemula

Seperti yang sudah disinggung di atas, kondisi medan di jalur pendakian Gunung Prau tidaklah terlalu sulit. Sebagian besar tracknya berupa tanah liat yang akan sedikit berdebu saat musim kemarau. Dengan tinggi yang tidak sampai 3.000 mdpl serta kondisi medan pendakian yang tidak terlalu berat, Gunung Prau termasuk salah satu gunung paling ramah untuk para pendaki pemula.

Jika kamu belum pernah mendaki gunung dan berniat untuk mendaki beberapa gunung yang lebih tinggi dalam beberapa waktu ke depan, Gunung Prau akan menjadi tempat yang ideal untuk memulai.

 

7. Salah satu gunung dengan pemandangan terindah di Jawa Tengah

Selain pemandangan sunrise yang menjadi daya tarik utamanya, gunung ini juga punya daya tarik lain yang membuat kita merasa betah. Pertama adalah Gunung Sindoro dan Sumbing yang terlihat sangat gagah dan elegan. Kedua adalah pemandangan bukit-bukit yang dipenuhi sabana yang membuat mata menjadi adem ketika melihatnya. Orang-orang sering menyebut bukit-bukit di Puncak Gunung Prau dengan sebutan Bukit Teletubies.

Gunung Prau sendiri termasuk salah satu gunung yang memiliki puncak paling luas. Sebagian besar pendaki mungkin akan bingung menemukan manakah titik tertingginya.

8. Tidak punya bunga edelweis

Sayangnya, ada satu hal minor yang membuat keindahan Gunung Prau terasa kurang lengkap yakni tidak adanya Bunga Edelweis. Sebagai gantinya, kita akan menemukan bunga-bunga cantik di jalur pendakian. Orang-orang sering menyebut bunga tersebut dengan nama Bunga Daisy. Sedangkan warga lokal lebih nyaman menyebutnya dengan nama Bunga Sore Lonte.

 

Featured image

The following two tabs change content below.

Agus Panoto

Leave a Reply