6 Kegiatan Menarik Yang Bisa Kamu Lakukan di Hutan Pinus Pengger

Hutan Pinus Pengger merupakan salah satu tempat wisata bernuansa alam yang cukup menarik di Jogja. Dibilang baru ya nggak baru-baru banget. Dibilang nggak baru kenyataannya belum banyak yang tahu tempatnya.

Hutan Pinus Pengger masih berada satu kawasan dengan Hutan Pinus Mangunan yang namanya sudah lebih familiar. Jaraknya sekitar 4 km. Lokasi hutan pinus ini tidak terlalu jauh dari jalan Wonosari – Jogja.

Hutan Pinus Pengger sudah dikembangkan dengan cukup baik sebagai sebuah destinasi wisata. Berbagai fasilitas sudah disediakan demi menunjang kegiatan para wisatawan yang berkunjung ke sana. Beberapa fasilitas standard seperti warung, toilet serta mushola sudah tersedia. Suasana teduh dan nyaman menjadi daya tarik utama Hutan Pinus Pengger. Hutan pinus ini juga merupakan tempat yang menarik untuk acara khusus bertema outdoor, misalnya camping ceria, outing kantor atau semacamnya.

Berikut ini adalah beberapa kegiatan menarik yang bisa kamu lakukan di Hutan Pinus Pengger.

 

1. Main ayunan

Salah satu fasilitas yang disediakan oleh pengelola di Hutan Pinus Pengger adalah ayunan. Ayunan akan banyak kita jumpai di beberapa titik di kawasan hutan pinus dengan memanfaatkan dua pohon pinus yang lokasinya saling berdekatan. Nah, ayunan-ayunan tersebut bisa kamu manfaatkan untuk menikmati suasana relax di hutan pinus sambil malas-malasan. Main ayunan di hutan pinus itu asik, lho!

 

2. Hammock-an

pengger-3

Selain di ayunan, hammock juga bisa kita jadikan tempat untuk bersantai dan malas-malasan. Banyaknya pohon pinus yang lokasinya saling berdekatan adalah kesempatan emas untuk memasang hammock. Jangan heran kalau kamu akan mendapati banyak pengunjung yang memasang hammock saat tiba di hutan pinus. Karna memang asik dan cocok.

 

3. Camping ceria

pengger-6

Jika kamu sedang mencari-cari referensi tempat untuk camping ceria di sekitar Jogja bersama teman kampus atau komunitas, Hutan Pinus Pengger bisa menjadi pilihan yang menarik. Kebetulan, di hutan ini memang banyak camping ground yang bisa kita pergunakan untuk mendirikan tenda. Sedangkan untuk acara pengakraban atau seru-seruan, kita bisa menggunakan sebuah pendopo yang sudah sudah disediakan oleh pihak pengelola. Yang menarik dari hutan pinus ini adalah fasilitas Wi-Fi yang tersedia 24 jam, dan cukup kenceng. Jadi, kamu bisa tetap update selagi berkegiatan di hutan pinus.

4. Lihat pemandangan lampu kota

img_8969

Ternyata, di Hutan Pinus Pengger ada sebuah spot di mana kita bisa melihat pemandangan lampu kota. Pemandangannya mirip-mirip seperti di Bukit Bintang namun terlihat lebih cantik karna lokasinya lebih tinggi. Untuk menikmati pemandangan ini syaratnya hanya satu: kamu harus bermalam di hutan pinus. Spot menarik ini berada di dekat pendopo. Saat hari terang, kita juga bisa melihat pemandangan Gunung Merapi dan Gunung Sumbing dari tempat ini. Plus bukit-bukit hijau yang cantik

 

5. Pecicilan di rumah pohon

Fasilitas lain yang disediakan oleh pengelola Hutan Pinus Pengger adalah rumah pohon (atau apapun kamu menyebutnya). Fasilitas ini biasa digunakan oleh pengunjung untuk berpose. Ada juga yang sekedar iseng naik lalu turun lain tanpa ngapa-ngapain.

 

6. Foto-foto

pengger-2

Last but not least. Kegiatan menarik lain yang bisa kita lakukan di Hutan Pinus Pengger adalah… foto-foto. Lagipula siapa yang tidak ingin mengabadikan momen di tempat bagus seperti ini.

Untuk kegiatan foto-foto sendiri ada beberapa spot yang cukup recommended. Selain rumah pohon, ayunan serta pohon-pohon pinus, ada sebuah batu yang juga sering digunakan pengunjung untuk berfoto. Lokasi batu ini berada di dekat gardu pandang yang tak jauh dari pendopo. Batu ini berukuran besar dan telah disediakan tangga yang memudahkan pengunjung untuk berdiri di atasnya.

loading...
The following two tabs change content below.
Sarjana teknik informatika yang tidak bisa coding. Suka naik gunung, membaca dan menulis

Leave a Reply