Gunung Peyek. Pemandian Air Panas di Tengah Sawah Yang Unik di Bogor

Kebayang nggak bagaimana rasanya berendam air panas di tengah-tengah sawah? Pasti seru. Pengalaman itu bisa kamu dapatkan di sebuah pemandian air panas di Bogor. Warga setempat menyebutnya dengan Gunung Peyek.

Tidak seperti pemandian air panas alami pada umumnya yang biasanya berada di lereng atau kaki gunung, lokasi Gunung Peyek ini berada di tengah-tengah persawahan warga. Kata “gunung” pada nama pemandian ini sama sekali tidak merepresantikan sebuah gunung. Mungkin karna lokasi air panasnya berada di sebuah bongkahan batu yang lebih tinggi dari rata-rata tanah di sekitarnya sehingga warga setempat menamainya Gunung Peyek.

Lokasi pemandian ini berada di Kecamatan Ciseeng, Kabupaten Bogor. Penting untuk diketahui, di Ciseeng ada sebuah pemandian yang namanya lebih dulu dikenal yakni Tirta Sanita. Pemandian Gunung Peyek bukanlah Tirta Sanita jadi jangan sampai salah lokasi. Pun ketika harus betanya ke warga sekitar, terangkan kepada orang yang kamu tanya bahwa tempat yang hendak kamu cari adalah pemandian air panas Gunung Peyek yang lokasnya di tengah sawah.

Memang cukup sulit untuk bisa sampai ke lokasi pemandian air panas Gunung Peyek. Mengingat lokasinya yang berada di tengah-tengah sawah. Untuk sampai ke sana kita harus berjalan kaki melewati pematang sawah yang sering becek. Jangan malu untuk bertanya kepada warga setempat karna lokasi tempat ini memang cukup tersembunyi. Warga biasanya akan meminta kita untuk ijin terlebih dulu kepada pak RT. Jika sedang beruntung, kita juga akan bertemu dengan warga yang akan mengarkan ke lokasi pemandian dengan senang hati.

Lokasi pemandiannya sendiri berada di sebuah batu berukuran besar. Di permukaan batu tersebut terdapat beberapa lubang berisi air panas karna mengandung unsur belerang. Di lubang-lubang itulah kita bisa berendam sambil menikmati suasana persawahan seraya merileks-kan badan dan pikiran.

Ukuran masing-masing lubang di Gunung Peyek ini sendiri tidak terlalu besar sehingga kita mungkin harus antri jika kebetulan pengunjungnya sedang banyak. Tapi, tempat ini memang worth it untuk dikunjungi. Apalagi lokasinya yang berada di tengah-tengah sawah. Jarang kan ada pemandian air panas alami di tengah sawah?

 

Tampilkan peta Gunung Peyek
Featured image

The following two tabs change content below.

Choirul Adnan

Suka mendaki gunung tapi jarang. Penggemar bola tapi tidak suka nonbar

Leave a Reply