Kawah Ratu. Kawah Cantik di Gunung Salak Yang Angker

Gunung Salak boleh saja terkenal sebagai gunung yang angker. Tapi, sebagaimana gunung pada umumnya, gunung ini juga menyimpan banyak keindahan. Salah satunya adalah Kawah Ratu.

Gunung Salak sendiri memang memiliki beberapa kawah aktif. Salah satu kawah yang paling terkenal sekaligus paling besar adalah Kawah Ratu. Lokasi kawah ini berada pada ketinggian sekitar 1.437 mdpl dan dapat diakses dari beberapa jalur pendakian.

Kawah Ratu merupakan tempat menarik yang bisa dikunjungi oleh para pecinta wisata alam. Yang menjadikan kawah ini berbeda dengan kawah-kawah lain adalah keberedaan aliran sungai. Ya, Kawah Ratu dilintasi oleh aliran Sungai Cikuluwung sepanjang kira-kira 1 km. Hal itulah yang menjadi daya tarik tersendiri dari kawah ini. Dilihat dari kejauhan, air sungai tersebut terlihat berwarna biru toska. Namun, saat kita mendekat, akan ada warna kuning di dasar sungai yang terlihat dengan jelas. Warna kuning tersebut adalah endapan belerang.

Lokasi Kawah Ratu sendiri bisa dikatan berada di perut Gunung Salak. Karna, kalau meneruskan perjalan dari tempat ini kita akan sampai ke Puncak Salak 1 (2.221 mdpl) dan Puncak Salak 2 (2.180 mdpl) yang terkenal angker itu. Adapun untuk jalur pendakian ke kawah ini sendiri ada tiga jalur yang sudah cukup terkenal. Dua di Bogor dan satu di Sukabumi. Berikut ini adalah 3 jalur tersebut:

 

 

#1. Bumi Perkemahan Gunung Bunder

Bumi Perkemahan Gunung Bunder berada di Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor. Lokasi bumi perkemahan ini berada di dekat pintu gerbang Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Jarak tempuh dari tempat ini ke kawah adalah sekitar 5 km dengan waktu perjalanan sekitar 3 jam.

#2. Pasir Reungit

Pasir Reungit merupakan sebuah desa yang juga berada di Kecamatan Pamijahan, Bogor. Lokasi desa ini berada lebih tinggi dari jalur Gunung Bunder yakni pada ketinggian sekitar 1.173 mdpl sehingga jalur trekkingnya lebih pendek yakni sekitar 3,6 km. Estimasi waktunya sekitar 2 jam

 

#3. Bumi Perkemahan Cangkuang

Jalur pendakian yang satu ini berada di Kabupaten Sukabumi. Tepatnya di Kecamatan Cidahu. Jalur trekking di Bumi Perkemahan Cangkuang ini memiliki panjang sekitar 4,5 km.

 

Nah, dari tiga jalur pendakian tersebut kamu bisa memiliki mana yang menurutmu paling dekat dengan lokasi kamu tinggal. Waktu paling ideal untuk berkunjung ke Kawah Ratu adalah pada pagi hari karna semakin siang asap belerangnya akan semakin pekat. Sangat disarankan untuk tidak berlama-lama di sekitar kawah karna asap belerang sangat berbahaya bagi pernapasan. Mengenakan masker menjadi hal wajib untuk menghindari asap belerang masuk ke saluran pernapasan.

 

Tampilkan peta Kawah Ratu

 

Featured image

loading...
The following two tabs change content below.

Choirul Adnan

Suka mendaki gunung tapi jarang. Penggemar bola tapi tidak suka nonbar

Leave a Reply