Manjakan Badan di Pemandian Air Panas Tirta Sanita, Ciseeng, Bogor

Kabupaten Bogor dianugrahi dengan wisata alam yang begitu melimpah. Salah satu jenis tempat wisata alam yang bisa kita temukan di Bogor adalah pemandian air panas. Ada satu pemandian air panas yang cukup terkenal di daerah Ciseeng, namanya adalah Tirta Sanita.

Pemandian Air Panas Tirta Sanita di Ciseeng biasanya akan ramai dikunjungi oleh warga Bogor dan sekitarnya pada hari libur. Banyak dari mereka yang ingin mendapatkan suasana rileks dengan mandir air panas alami guna menyegarkan badan yang lelah.

Lokasi pemandian ini sendiri berada di kawasan pegungungan kapur yang mengandung belerang sehingga dapat menimbulkan panas alami. Ada beberapa opsi yang bisa kamu pilih untuk berendam air panas alami di Tirta Sanita. Ada yang private dan tertutup, ada pula yang lebih terbuka.

Di kawasan Pemandian Air Panas Ciseeng ini tidak hanya ada kolam untuk berendam saja. Kawasan di sekitarnya telah dikembangkan sebagai destinasi wisata bernuansa alam. Beberapa fasilitas telah dibangun untuk menunjang kegiatan wisata. Di sana, kita bisa melakukan berbagai kegiatan seperti flying fox serta outbond.

Untuk sampai ke lokasi pemandian air panas, kita butuh waktu sekitar 40 menit dari kota Bogor.

Jika berkunjung ke tempat ini, pertimbangkan untuk mencoba kolam rendam yang berada di belakang area parkir dengan lebih dulu trekking karna lokasi kolamnya berada di sebuah bukit. Dari sini kita bisa berendam sambil menikmati pemandangan alam pedesaan yang indah.

Kalau ingin sesuatu yang lebih natural, kamu juga bisa mampir ke pemandian lain yang juga masih di Ciseeng, namun beda tempat. Namanya adalah Gunung Peyek. Lokasi pemandian ini sangat unik karna berada di tengah-tengah sawah. Kolam rendamnya sendiri berada di permukaan batu yang mana di permukaan batu tersebut terdapat lubang-lubang besar berisi air hangat alami. Sambil berendam, kita bisa menikmati pemandangan sawah. Hanya saja, lokasinya memang cukup sulit dicari. Kita harus bertanya kepada warga lokal setempat. Tapi, tempatnya memang worth it, terutama untuk kamu yang menyukai suasana natural.

 

Tampilkan peta Tirta Sanita

 

Featured image

The following two tabs change content below.

Choirul Adnan

Suka mendaki gunung tapi jarang. Penggemar bola tapi tidak suka nonbar

Leave a Reply