Jika kamu punya rencana traveling ke Dieng di tahun 2017 ini, sabarlah menunggu sampai awal Agustus. Kenapa? Karna pada minggu pertama bulan tersebut akan berlangsung Festival Dieng 2017.

Akun Twitter resmi Festival Dieng baru saja memposting jadwal untuk Festival Dieng 2017. Rencananya, festival tahunan ini akan dilaksanakan selama tiga hari mulai dari tanggal 4 hingga 6 Agustus.

Bagi yang belum tahu, Festival Dieng alias Dieng Culture Festival merupakan sebuah festival budaya tahunan yang diadakan di Dataran Tinggi Dieng. Festival ini sudah berlangsung sejak tahun 2010. Acara inti dari festival ini adalah pemotongan rambut anak-anak gimbal yang oleh masyarakat Dieng dipercaya sebagai titisan leluhur. Rambut anak-anak gimbal tidak diboleh dipotong sembarangan melainkan harus melalui sebuah ritual. Dan di festival inilah ritual potongan rambut itu dilaksanakan.

Selain acara inti berupa pemotongan rambut gimbal, Festival Dieng juga disertai dengan rangkaian acar menarik. Antara lain pertunjukan jazz, pelepasan lampion secara massal serta pertunjukan seni. Panitia biasanya menyediakan beberapa paket untuk para pengunjung yang hendak menyaksikan festival.

Meski waktu pelaksanaannya masih cukup lama, calon pengunjung yang takut kehabisan tiket sudah mulai bisa memesan tiket pada tanggal 5 Februari 2017.

Tahun lalu, Festival Dieng turut dimeriahkan oleh beberapa komika lokal yang menghibur pengunjung dengan stand up comedy nya.

Di Festival Dieng para pengunjung tak hanya bisa menyaksikan pertunjukan seni. Karna Dieng dikenal sebagai dataran tinggi dengan pemandangan alam yang istimewa, para pengunjung juga bisa mampir ke beberapa spot menarik untuk menikmati keindahan alam di tanahnya para dewa.

 

Featured image