14 Tips Asik Liburan ke Lombok

Lombok merupakan salah satu pulau tropis paling cantik yang dimiliki Indonesia. Berbagai keindahan alam — mulai dari gunung hingga laut — akan kita temui di sana.

Rasanya sudah menjadi impian banyak orang untuk bisa liburan ke Lombok. Menikmati suasana romantis dan bebas kendaraan bermotor di Gili Trawangan. Atau suasana pegunungan yang sejuk dan indah di sekitaran Gunung Rinjani.

Sebelum memutuskan untuk berlibur ke Lombok, ada beberapa hal yang sebaiknya kamu ketahui, terutama jika ini akan menjadi pengalaman pertamamu ke sana. Perlu diketahui, Lombok sama sekali berbeda dengan Bali, meskipun Kementrian Pariwisata sering menjadikan keduanya sebagai satu paket promosi wisata. Lombok dihuni oleh suku sasak yang mayoritas merupakan muslim.

Ada banyak tempat menarik yang bisa kamu kunjungi di Lombok. Juga berbagai kegiatan yang bisa kamu lakukan di masing-masing tempat. Namun, jika waktu yang kamu miliki tidak terlalu banyak, kamu harus bijak menentukan tujuan.

Berikut ini adalah 14 tips yang mungkin berguna untuk rencana liburanmu ke Lombok.

1. Alokasikan waktu minimal 2 hari

Dua hari sebenarnya sangat-sangat kurang untuk menikmati keindahan Pulau Lombok. Namun, jika kamu adalah pegawai kantoran yang terikat jam dan hari kerja, apa boleh buat.

Apa saja yang bisa dilakukan di Lombok dalam 2 hari?.

Biasanya, sebagian besar wisatawan yang baru pertama kali ke Lombok akan menjadikan Gili Trawangan sebagai tujuan utama. Nah, kamu bisa mengalokasikan hari pertamu di pulau ini. Satu hari di Gili Trawangan bisa kamu gunakan untuk snorkeling serta jalan kaki santai menikmati keindahan pulau. Untuk kegiatan lengkap yang bisa kamu lakukan di Gili Trawangan bisa baca di sini.

Hari berikutnya kamu bisa mengunjungi beberapa pantai di Lombok Tengah yang lokasinya relatif dekat dengan Mataram. Atau kalau ingin menikmati suasana pegunungan kamu bisa datang ke Sembalun yang berada di kaki Gunung Rinjani.

2. Jangan lewatkan kesempatan menginap di Gili Trawangan

20161020_054919

Idealnya, kunjungan kita ke Gili Trawangan juga disertai dengan bermalam di sana. Karna selain terkenal sebagai spot snorkeling, pulau ini juga cukup terkenal dengan kehidupan malamnya yang meriah. Setiap malam selalu ada pusat kuliner yang baru akan dibuka sekitar jam 7. Jika ingin menikmati suasana nonton film yang berbeda, di Gili Trawangan juga ada sebuah bioskop outdoor yang berada di pinggir pantai.

Supaya tidak menyesal di kemudian hari, sangat direkomendasikan untuk menghabiskan minimal satu malam di Gili Trawangan. Esok paginya baru kamu bisa menyebrang kembali ke Lombok untuk mengunjungi tempat-tempat lainnya.

 

3. Jika tidak memungkinkan, menginaplah di Kota Mataram

Jika waktu memang tidak memungkinkan untuk menginap di Gili Trawangan, pilihlah Kota Mataram sebagai tempat menginap. Mataram merupakan kota utama di Lombok yang lokasinya berada di tengah-tengah sehingga waktu yang kamu miliki akan lebih efisian untuk menuju ke tempat-tempat wisata yang ada di daftar itinerary.

Mataram sendiri merupakan ibukota dari Propinsi Nusa Tenggara Barat. Kota ini merupakan kota paling maju dan modern di propinsi tersebut.

4. Asah skill tawar menawar

20161019_112214

Masih tentang Gili Trawangan. Begitu sampai di pulau ini biasanya kamu akan “diserbu” oleh penduduk lokal yang menawarkan jasa penginapan, snorkeling hingga persewaan sepeda. Orang-orang ini bisa membantumu mendapatkan penginapan serta jasa snorkeling dengan harga yang murah, asalkan kamu punya skill menawar yang mumpuni.

Keberadaan mereka kadang memang bikin risih, namun juga sangat membantu mengingat mencari penginapan murah di Gili Trawangan juga bukan perkara mudah. Berdasarkan pengalaman, saya berhasil mendapatkan home stay dengan harga Rp 60.000 per orang dengan bantuan salah satu dari mereka. Saya bahkan juga dibantu untuk mencari operator snorkeling dengan harga yang lebih rendah dari harga normal. Satu lagi. Saya juga ditawari bantuan untuk mencari rental sepeda dengan harga dibawah harga normal.

Satu catatan tambahan, mereka tidak meminta uang jasa apapun dari kita.

 

5. Yang belum bisa berenang, sebaiknya belajar dulu

Jika tujuan utamamu liburan ke Lombok adalah untuk snorkeling atau bermain di pantai, sangat disarankan untuk belajar berenang terlebih dulu (khusus untuk yang belum bisa renang). Trust me, snorkeling tanpa life jacket itu rasanya asik bangat. Kita bisa lebih leluasa untuk bergerak. Jika ada sesuatu yang menarik di bawah laut, kita tinggal menyelam ke bawah.

6. Belajar surfing di Pantai Selong Belanak

selong-belanak-surf

Dari sekian banyak pantai yang ada di Lombok, salah satu yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi adalah Pantai Selong Belanak. Lokasi pantai ini berada di Kabupaten Lombok Tengah. Satu kawasan dengan Pantai Kuta, Mawun dan Seger. Pantai Selong Belanak sangat landai dan luas. Ombaknya tidak terlalu besar dan sangat ideal untuk belajar surfing.

Di sekitar pantai ini sudah banyak jasa persewaan papan selancar jadi kamu tak perlu repot-repot bawa peralatan dari rumah.

7. Hindari memesan tiket di mini market

Untuk beberapa alasan, kamu mungkin memilih untuk memesan tiket pesawat pulang ketika sudah di Lombok, alih-alih bersamaan dengan tiket berangkat.

Ada satu tips yang akan sangat berguna jika kamu hendak memesan tiket pesawat/kereta ketika di Lombok. Sebaiknya pesan tiket melalui aplikasi smartphone daripada mini market. Kita memang bisa memesan tiket pesawat/kereta di Alfamart/Indomaret di mana saja. Namun, beberapa pramuniaga di Lombok sepertinya belum terlalu cakap dalam melayani fitur ini.

Saya dua kali mampir ke Alfamart untuk memesan tiket dan hasilnya fail semua. Sayapun akhirnya membeli tiket melalui aplikasi smartphone setelah tiba di Mataram dan mendapatkan sinyal internet.

8. Nyobain Ayam Taliwang atau Sate Rembiga

ayam-taliwang

Lombok punya beberapa kuliner khas yang sangat sayang jika tidak kita coba. Dua makanan yang wajib dicoba adalah Ayam Taliwang dan Sate Rembiga. Ayam Taliwang merupakan ayam bakar yang menggunakan bumbu rempah yang dominan. Ayam ini biasanya akan disajikan dengan beberuk (sejenis sambal yang terbuat dari terong serta tomat mentah).

Sedangkan Sate Rembiga merupakan sate sapi dengan tekstur yang sangat lembut karna dimasak dengan cara yang sedemikian rupa. Sate ini juga dibakar dengan bumbu rempah yang dominan. Saking lembutnya sate ini sampai-sampai saya tidak sadar kalau sedang makan sate sapi.

9. Selalu update jadwal Festival Bau Nyale

Ada satu waktu yang sangat tepat untuk mengunjungi Pulau Lombok yakni ketika sedang berlangsung Festival Bau Nyale. Apa itu?

Bau Nyale merupakan sebuah festival tahunan yang rutin didakan di Lombok. Biasanya diadakan antara bulan Februari dan Maret, tergantung dari munculnya nyale. Di festival ini sebagian masyarakat Lombok akan berkumpul di sekitaran Pantai Seger untuk menangkap nyale, yakni sejenis cacing laut yang hanya muncul sekali dalam setahun. Nyale sendiri dipercaya sebagai jelmaan dari Putri Mandalika, sebuah cerita legenda yang ciperaya oleh masyarakat Suku Sasak di Lombok.

10. Pilih sepeda motor sebagai moda transportasi

20131208_094759

Ini sebenarnya opsional. Namun jika harus memilih saya akan memilih menggunakan sepeda motor untuk mengeksplor Lombok. Bukan cuma soal harga yang lebih murah. Sepeda motor juga lebih fleksibel untuk mengeksplor Lombok.

11. Yang suka suasana pegunungan, jangan lupa ke Sembalun

Jika kamu suka dengan suasana pegunungan namun tidak punya cukup waktu untuk trekking di Gunung Rinjani, Sembalun bisa menjadi obat kangen.

Sembalun merupakan sebuah kecamatan di Kabupaten Lombok Timur yang menjadi salah satu gerbang menuju puncak Gunung Rinjani. Kecamatan ini berada di sebuah lembah yang dikelilingi oleh perbukitan. Suasana pegunungan dan pedesaan sangat terasa di Sembalun. Pemandangannya juga indah.

 

12. Mampir ke salah satu desa adat

Desa Sade

Kunjungan kita ke Lombok akan semakin lengkap dengan mengunjungi salah satu desa adat yang menjadi tempat tinggal Suku Sasak. Ada beberapa desa adat di Lombok yang telah ditetapkan sebagai desa wisata. Salah satu yang paling mudah di akses adalah Desa Sade. Desa ini berada di tepi jalan raya yang akan kita lewati saat melakukan perjalanan menuju Pantai Selong Belanak cs.

Di Desa Sade kita akan ditemani oleh pemandu yang merupakan warga desa tersebut. Mereka akan memberikan penjelasan mengenai sejarah Suku Sasak serta kehidupan mereka sehari-hari. Di desa ini kita juga dapat membeli berbagai kerajinan tangan mulai dari kain tenun, topi hingga gantungan kunci.

13. Cari tahu dulu apa yang bisa dilakukan di tempat yang kamu tuju

Ini penting. Sebelum mengunjungi sebuah tempat tertentu, wajib hukumnya untuk mencari referensi di internet tentang apa saja yang bisa kita lakukan di sana. Juga bagaimana kita bisa ke sana. Dengan melakukan riset terlebih dulu, kita akan meminimalisir beberapa hal konyol, misalnya salah kostum dan sebagainya.

14. Jangan takut hitam

Last but not least. Jangan pernah takut menjadi hitam ketika sedang liburan ke Lombok. Atau liburanmu akan biasa-biasa saja. Paling setelah seminggu atau dua minggu di rumah kondisi kulit kamu sudah akan kembali normal seperti biasanya.

loading...
The following two tabs change content below.
Sarjana teknik informatika yang tidak bisa coding. Suka naik gunung, membaca dan menulis
  • pas. kebetulan saya ada rencana ke lombok dalam waktu dekat. thanks for the post bro!

  • jangan lupa nyobain sate rembiga nya. dijamin ketagihan

  • saya setuju banget sama poin nomor 10. rasanya lebih bebas dan bisa menikmati keindaha alam lombok dengan lebih khidmat.