4 Tips Berkunjung ke Pantai Selong Belanak di Lombok

Salah satu pantai yang sebaiknya dikunjungi ketika traveling ke Lombok adalah Pantai Selong Belanak. Pantai yang berada di Kabupaten Lombok Tengah ini berada satu kawasan dengan beberapa pantai lain seperti Pantai Kuta, Pantai Mawun dan Pantai Seger.

Selong Belanak adalah pantai yang sangat ideal untuk bermain. Pantai ini sangat landai, luas dan cukup panjang. Beberapa tahun lalu, pantai ini masih sangat sepi dan belum ada fasilitas apapun. Sekarang, warung-warung sudah tampak berjejer di pinggiran pantai. Persewaan payung serta papan selancar juga sudah mulai banyak.

Rugi rasanya jika berkunjung ke Pantai Selong Belanak tapi tidak nyebur ke air. Selain landai, ombak di pantai ini juga relatif kecil, membuat kita – yang tidak bisa berenang sekalipun – bisa bermain beberapa puluh meter dari bibir pantai.

Sayangnya, saat ini baru ada satu tempat bilas yang terdiri atas dua kamar. But, it’s okay. Toh kita tetap bisa bilas meski kamar mandinya memang sangat sederhana.

Ngomong-ngomong, sebelum berkunjung ke Pantai Selong Belanak, ada beberapa tips yang mungkin saja berguna.

 

Sebaiknya bawa motor saja

img_1616

Sebenarnya, cara terbaik untuk mengeksplor Lombok adalah dengan sepeda motor. Selain harga sewanya lebih murah, motor juga lebih fleksibel ketimbang mobil. Khusus untuk Pantai Selong Belanak cs, sangat direkomendasikan untuk menggunakan motor saja karna kondisi jalannya yang naik turun. Jika memang harus menggunakan mobil, usahakan untuk tidak membawa city car. Berdasarkan pengalaman ketika berkunjung ke Selong Belanak menggunakan Honda Brio dengan 5 penumpang, mobil yang saya bawa sempat kewalahan di beberapa titik yang tanjakannya cukup curam.

Jika memang harus membawa mobil, paling tidak mobil yang dibawa adalah mobil-mobil jenis MPV seperti Xenia ada Avansa. Yang penting jangan city car.

 

Sewalah papan selancar supaya lebih seru

selong-belanak-surf

Pantai Selong Belanak merupakan salah satu pantai yang paling ideal untuk belajar selancar. Selain pantainya yang sangat landai, ombak di pantai ini juga tidak terlalu besar namun lebih dari cukup untuk menggerakkan papan selancar.

Banyak pengunjung yang juga belajar berselancar di pantai ini. Tak perlu membawa papan selancar dari rumah jika tidak mau repot. Di Pantai Selong Belanak saat ini sudah banyak jasa persewaan papan selancar dengan harga di kisaran Rp 50.000 dengan pemakaian sepuasnya.

 

Jika memungkinkan, datanglah saat sore hari

img_1612

Ada banyak pantai cantik di Pulau Lombok, khususnya Kabupaten Lombok Tengah. Ini akan membuat kita bingung untuk menentukan pantai mana yang harus dikunjungi lebih dulu serta pantai mana yang akan dikunjungi nanti.

Jika memang waktunya memungkinkan, datanglah ke pantai ini saat sore hari. Suasananya akan terasa lebih asik dan tidak terlalu terik. Sebagai gambaran, jarak tempuh Pantai Selong Belanak – Mataram adalah sekitar 1 jam.

Mampirlah ke Desa Sade

desa-sade

Ada dua rute umum yang bisa kita akses untuk sampai ke Pantai Selong Belanak. Dua-duanya melewati by pass ke Bandara. Salah satu rute akan melewati Desa Sade, yakni sebuah desa adat yang dihuni oleh Suku Sasak, suku asli Lombok.

Tidak seperti desa adat pada umunya, Desa Sade berada di tepi jalan raya sehingga kita tidak perlu trekking untuk bisa sampai ke sana. Untuk masuk ke desa kita wajib ditemani oleh seorang pemandu lokal yang merupakan penduduk desa. Mereka tidak mematok tarif khusus. Kita hanya diminta membayar seikhlasnya. Berkunjung ke Desa Sade akan membuat kita tahu lebih jauh tentang Pulau Lombok serta masyarakat Suku Sasak yang notabene merupakan penduduk asli pulau tersebut.

The following two tabs change content below.

Rio Rizqiawan

God, family, Juventus and you ~ Fino Alla Fine Forza Juve

Leave a Reply