4 Hal Yang Sebaiknya Kamu Persiapkan Sebelum Nyunrise di Puncak Suroloyo

Puncak Suroloyo merupakan salah satu tempat terbaik untuk menikmati pemandangan sunrise di Kulonprogo, DIY. Tempat ini merupakan titik tertinggi di Perbukitan Menoreh yang membentang dari Kulongprogo hingga Magelang.

Jika cuaca sedang bagus, kita bisa menikmati pemandangan alam yang istimewa. Puncak Suroloyo dipercaya sebagai titik temu antara 4 gunung di Jawa Tengah yakni Sindoro, Sumbing, Merapi dan Merbabu. Pemandangan keempat gunung tersebut akan bisa kita nikmati dengan leluasa dari Puncak Suroloyo.

Banyak pengunjung yang rela datang subuh-subuh hari demi menikmati pemandangan sunrise dari Puncak Suroloyo. Kalau sedang tidak tertutup kabut, pemandangan sunrise di tempat ini memang keren. Masalahnya, kawasan dataran tinggi seperti Puncak Suroloyo ini sangat rawan tertutup kabut. Sehingga, ekspektasi untuk menikmati sunrise sering tak terpenuhi.

Kalau kamu juga berniat menikmati pemandangan sunrise di Puncak Suroloyo, setidaknya ada 4 hal yang sebaiknya kamu pesiapkan.

 

1. Siap-siap kecewa

wp_20150602_023

Hope for the best, prepare for the worst.

Seperti yang sudah disinggung di atas, tidak setiap saat kita bisa menikmati keindahan sunrise di Puncak Suroloyo. Kalau sedang tidak beruntung, bukannya sunrise yang akan kita dapat melainkan kabut. Kabut yang ada di sekitar Puncak Suroloyo sendiri sangat tebal. Tak cuma di puncak bukit, dalam perjalanan menuju kawasan wisatanya pun kita akan dihadapkan dengan pemandangan kabut yang mengalangi pandangan.

Biasanya, kabut baru akan turun setelah jam 7 atau 8 pagi. Itu artinya, kita akan melewatkan pemandangan sunrise. Sebagai gantinya, kita bisa menikmati pemandangan perbukitan menoreh yang hijau serta pemandangan gunung-gunung yang disebutkan di atas.

2. Siap-siap capek

wp_20150602_061

Ini yang wajib kamu ketahui sebelum berkunjung ke Puncak Suroloyo. Di tempat ini terdapat 3 buah gardu pandang yang lebih sering disebut dengan pertapaan. Masing-masing adalah Suroloyo, Sariloyo dan Kaendran. Untuk menuju masing-masing pertapaan telah disediakan tangga. Nah, inilah yang menjadi masalah. Tangga yang ada di Puncak Suroloyo ini cukup panjang dan curam, cukup untuk membuat kaki pegal. Kalau fisik kita payah, akan sulit untuk mencapai masing-masing pertapaan. Jadi, persiapkan fisik dengan baik.

3. Siap-siap menahan emosi

wp_20150602_038

Kenapa kita harus mempersiapkan diri untuk menahan emosi?

Tak lain dan tak bukan adalah karna banyak coretan-coretan vandal yang akan kita temui di banyak titik di Puncak Suroloyo. Mulai dari pertapaan hingga tangga. Bahkan, sebuah arca yang ada di pertapaan paling atas juga tak luput dari coretan-coretan vandal. Sedih sebenarnya melihat tempat-tempat wisata dirusak oleh tangan-tangan tak bertanggung seperti itu. Apalagi kalau tempat tersebut memiliki sejarah panjang seperti Puncak Suroloyo. Rasanya ingin sekali misuh/ngumpat, tapi kalau dipikir kok ya sia-sia. Yang bisa kita lakukan hanya menahan emosi.

 

4. Persiapkan tujuan lain

wp_20150602_015

Katakanlah kamu ingin berkunjung ke Puncak Suroloyo pada hari libur. Minggu, misalnya. Ada baiknya untuk tidak menjadikan Puncak Suroloyo sebagai satu-satunya tujuan. Karna — seperti yang sudah disinggung di atas — untuk bisa menikmati pemandangan sunrise di Puncak Suroloyo dibutuhkan sebuah keberuntungan.

Beberapa tempat wisata di Kulonprogo yang ada di sekitar Puncak Suroloyo antara lain adalah Air Terjun Sidoharjo serta Kebu Teh Nglinggo.

 

Featured image

The following two tabs change content below.

Rio Rizqiawan

God, family, Juventus and you ~ Fino Alla Fine Forza Juve

Leave a Reply