Ngayogjazz. Alasan Untuk Ke Jogja Bulan November 2016

Kalau saat ini kamu sedang mendengarkan lagu Yogyakarta dari Kla Project, itu tandanya kamu sedang kangen Jogja, kota pelajar yang entah kenapa lebih asik untuk jalan-jalan ketimbang belajar.

Sebagian besar orang setuju kalau Jogja adalah kota yang ngangenin. Ya suasananya, ya kenangannya. Jogja memang begitu. Mengutip tulisan dari Elisabeth Murni, Joko Pinurbo — seorang sastrawan kelahiran Sukabumi yang pernah kuliah di Jogja — pernah mengatakan bahwa Jogja itu tercipta dari pulang, angkringan, dan rindu.

Kalau saat ini kamu benar-benar sedang kangen Jogja, bulan depan (November) sepertinya akan menjadi waktu yang pas untuk melepaskan rasa kangen itu. Akan ada acara menarik yang bisa kamu tonton sekaligus mengobati rasa rindu terhadap Jogja. Acara yang dimaksud adalah Ngayogjazz 2016.

Ngayogjazz sendiri merupakan festival jazz tahunan yang sudah diadakan sejak tahun 2007. Ngayogjazz agak berbeda dengan festival-festival jazz lain yang ada di Indonesia. Konsep festival ini adalah nomaden. Setiap tahunnya, venue acara selalu berpindah dari satu desa ke desa lain. Tahun 2016 ini Ngayogjazz akan diadakan di Padukuhan Kwagon, Desa Sidorejo, Godean, Sleman. Tanggalnya 19 November 2016. Bertepatan dengan hari Sabtu Pon.

Kolaborasi menjadi salah satu hal yang bisa kita lihat dalam setiap pagelaran Ngayogjazz. Pihak penyelenggara selalu mengajak serta masyarakat setempat untuk ambil bagian dalam menyiapkan festival sehingga mereka bisa ikut “memiliki” festival Ngayogjazz. Selain pertunjukan musik jazz, di festival Ngayogjazz biasanya juga diselenggarakan Pasar Jazz yang mayoritas pesertanya adalah masyarakat lokal. Sehingga, Ngayogjazz diharapkan bisa memberdayakan ekonomi lokal.

Ngayogjazz sendiri bisa dinikmati secara cuma-cuma oleh siapa saja yang menyukai musik jazz.

Sejauh ini pihak panitia belum mengumumkan line up yang akan tampil di Ngayogjazz 2016. Biasanya, yang tampil di festival ini adalah musisi-musisi jazz lokal berbakat. Namun, Ngayogjazz juga sering menampilkan musisi-musisi jazz dari luar negeri untuk memeriahkan acara.

So, yang kangen Jogja, mari melepas rindu di Ngayogjazz 2016.

 

Featured image

loading...
The following two tabs change content below.

Rio Rizqiawan

God, family, Juventus and you ~ Fino Alla Fine Forza Juve

Leave a Reply