8 Air Terjun Cantik di Bondowoso, Jawa Timur

Dalam hal pariwisata, nama Kabupaten Bondowoso mungkin masih kalah terkenal dibandingkan beberapa tetangganya seperti Banyuwangi dan Situbondo. Namun, bukan berarti di kabupaten ini tak ada apa-apa.

Belakangan ini kamu mungkin sudah sering melihat foto Kawah Wurung di Instagram yang memang cantik banget dengan pemandangan bukit hijaunya. Ternyata, masih banyak tempat menarik lain di Bondowoso yang tidak kalah keren yang juga bernuansa alam.

Air terjun merupakan salah satu jenis tempat wisata alam yang akan banyak kita temukan di Bondowoso. Itu karna beberapa wilayah di kabupaten ini merupakan kawasan pegunungan. Fyi, sebagian wilayah Gunung Ijen — yang terkenal dengan kawahnya itu — berada di wilayah Kabupaten Bondowoso. Gunung Argopuro yang terkenal dengan Puncak Rengganisnya sebagian wilayahnya juga masuk Kabupaten Bondowoso.

So, inilah 8 air terjun cantik yang akan kamu temukan di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur.

 

1. Air Terjun Niagara Mini

Kita mulai dari Air Terjun Niagara Mini. Oke, mungkin ada beberapa air terjun di daerah lain yang dijuluki dengan Niagara Mini karna bentuknya yang melebar seperti Niagara Falls di perbatasan Amerika Serikat dan Kanada. Namun, yang di Bondowoso ini beda. Air terjun ini merupakan pertemuan beberapa aliran sungai yang jatuh pada tebing yang sama, lalu membentuk sebuah aliran baru.

Tinggi air terjun ini hanya sekitar 6 meter saja namun karna bentuknya yang melebar tadi maka air terjun ini justru terlihat fotogenik. Lokasi Air Terjun Niagara Mini berada di kaki Gunung Ijen di Kecamamatan Sempol.

 

2. Air Terjun Blawan

Lokasi Air Terjun Blawan tidak terlalu jauh dari Niagara Mini, hanya sekitar 1 km saja. Air terjun ini memiliki tinggi sekitar 30 meter dengan debet air yang cukup tinggi. Suara gemuruh akan langsung menyambut saat kita datang di lokasi air terjun. Air di air terjun berwarna sedikit kekuningan karna mengandung belerang. Air terjun ini hanya bisa kita nikmati dari jarak beberapa meter saja tanpa kita bisa mendekat. Itu dikarenakan lokasi air terjun yang berada di sebuah jurang. Air terjun ini dikelilingi oleh tebing-tebing.

 

3. Air Terjun Suco

Air Terjun Suco merupakan sebuah air terjun yang membutuhkan sedikit perjuangan untuk mencapainya. Air terjun cantik ini berada di Desa Suco, Kecamatan Maesan, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur. Maesan sendiri merupakan kecamatan di Bondowoso yang berbatasan dengan Jember sehingga air terjun ini juga dapat diakses dari Jember dengan waktu tempuh sekitar setengah jam saja. Dalam perjalanan menuju air terjun ini kita akan melewati benda-benda kuno yang tampaknya merupakan peninggalan jaman pra-sejarah.

 

4. Air Terjun Polo Agung

Berjarak sekitar 40 km dari pusat kota Bondowoso, tepatnya di Desa Sukorejo, Kecamatan Sumber Wringin kita akan menemukan sebuah air terjun yang tidak kalah cantik. Namanya adalah Air Terjun Polo Agung. Untuk sampai ke lokasi air terjun ini kita lagi-lagi harus berjalan kaki. Perjalanan akan terasa lebih menyenangkan karna kita akan melewati perkebunan kopi milik penduduk setempat.

 

5. Air Terjun Tancak Kembar

Mudah untuk ditebak kenapa air terjun ini dinamakan Tancak Kembar. Yak, betul. Karna di lokasi ada dua air terjun yang terletak saling berdampingan. Kedunya memiliki tinggi sekitar 70 meter. Air terjun ini sendiri berada di lereng Gunung Argopuro, tepatnya di Desa Andongsari, Kecamatan Pakem. Menurut cerita yang dipercaya oleh warga lokal, air terjun ini sering digunakan oleh Dewi Rengganis untuk mandi. Dewi Rengganis sendiri adalah seorang putri dari Kerajaan Majapahit yang berpusat di Jawa Timur.

 

6. Air Terjun Solor

Air terjun ini juga merupakan sebuah air terjun yang membutuhkan sedikit perjuangan untuk mencapaianya. Kita harus trekking melewati lembah dan bukit sehingga persiapan fisik mungkin dibutuhkan. Kebetulan, lokasi air terjun ini berada di bagian timur Bondowoso yang wilayahnya cukup tandus. Lokasi air terjun ini sendiri berada di Kecamatan Cermee.

Untuk sampai ke air terjun ini sendiri tersedia dua jalur yakni via Desa Bajuran dan Desa Solor. Jika memilih jalur Desa Bajuran kita akan melewati sungai yang alirannya bermuara di Air Terjun Solor.

 

7. Air Terjun Gentongan

Selain Air Terjun Niagara Mini dan Blawan, ada satu lagi air terjun di Kecamatan Sempol yang sayang sekali kalau dilewatkan begitu saja. Namanya adalah Air Terjun Gentongan. Seperti beberapa air terjun lainnya, kita juga membutuhkan sedikit perjuangan untuk sampai ke air terjun ini. Air yang ada di air terjun juga mengandung belerang sehingga bau belerang mungkin akan tercium saat kita mendekat air terjun.

 

8. Air Terjun Kali Pahit

Jika kamu sedang jalan-jalan ke Kawah Ijen tak ada salahnya untuk mampir ke air terjun ini. Kebetulan, lokasi air terjun ini tak terlalu jauh dari jalan dan sangat mudah diakses. Air terjun ini berjarak kurang lebih 2 km saja dari Kawah Ijen arah Bondowoso. Lokasinya juga berada di kecamatan Sempol.

Bantuk air terjun ini agak berbeda seperti air terjun pada umumnya yakni memanjang. Mungkin kurang tepat kalau tempat ini dinamakan air terjun karna faktanya tempat ini hanya berupa aliran sungai yang kebetulan bentuknya cukup curam. Tapi siapa peduli, toh tempat ini memang asik untuk bermain.

 

Featured image

loading...
The following two tabs change content below.

Agus Panoto

Leave a Reply