Piknik Asik di Kebun Raya Cibodas, Cianjur

Tak mau ketinggalan dengan Bogor yang punya Kebun Raya Bogor yang hampir setiap weekend selalu ramai oleh kunjungan wisatawan, Cianjur juga punya tempat serupa yang menjadi tempat asik untuk menikmati hari libur. Tempat itu adalah Kebun Raya Cibodas.

Faktanya, Kebun Raya Cibodas memang dibangun sebagai cabang dari Kebun Raya Bogor. Sejarah taman botani ini dimulai ketika bibit pohon kina yang didatangkan dari Belanda oleh Johannes Elias Teijsmann tiba pada tanggal 11 April 1852. Tanggal ini kemudian ditetapkan sebagai hari jadi Kebun Raya Cibodas.

Ada fakta yang cukup unik. Setiap tanggal 11 April, pengunjung tidak akan dipungut biaya untuk masuk ke Kebun Raya Cibodas.

Kebun Raya Cibodas atau juga dikenal dengan nama Cibodas Botanical Garden merupakan sebuah taman botani yang berada di kaki Gunung Gede Pangrango pada ketinggian 1.275 mdpl. Tidak mengherankan kalau udara di tempat ini terasa sejuk dan menyegarkan. Keberadaan berbagai macam pohon serta suasana alam yang cukup natural membuat tempat ini menjadi salah satu tempat favorite bagi warga Cianjur dan sekitarnya untuk menikmati hari libur bersama dengan teman dan keluarga.

Taman Lumut Kebun Raya Cibodas. Foto: http://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000014379190/kebun-raya-cibodas--taman-lumut/

Taman Lumut Kebun Raya Cibodas. Foto: Kaskus

Lokasi taman botani ini secara administratif berada di Desa Cimacan, Cipanas, Cianjur, Jawa Barat. Total luas Kebun Raya Cibodas mencapai sekitar 80 hektar.

Ada banyak spot yang dapat bisa dikunjungi di Kebun Raya Ciboas. Salah satu yang paling terkenal adalah Taman Lumut yang memiliki koleksi 216 jenis lumut. Tempat ini diklaim sebagai taman lumut terlengkap di dunia. Spot ini memiliki luas sekitar 2500 m²

Menelusuri lebih jauh di kompleks taman botani ini kita juga akan menemukan sebuah air terjun yang cukup cantik bernama Curug Ciismun.

Curug Ciismun Kebun Raya Cibodas. Foto: https://www.instagram.com/p/BGjunsmhOZG/

Curug Ciismun Kebun Raya Cibodas. Foto: @intandevianna

Kebun Raya Cibodas dikelola oleh Lembaga Ilmi Pengetahuan Indonesia alias LIPI. Untuk menunjang kegiatan wisata, pihak pengelola telah menyediakan sederet fasilitas yang menyenangkan. Mulai dari area parkis luas yang bisa menampung hingga puluhan kendaraan seukuran bus, area bermain untuk anak-anak, paket tour untuk keperluan khusus, gedung pertemuan, guest house, mushola, MCK umum, shelter, pendopo, teater alam terbuka, camping ground dan sederet fasilitas lain.

Karna tempatnya memiliki suasana dan pemandangan yang indah, taman botani ini juga sering dijadikan tempat untuk hunting foto para penggemar fotografi. Hanya saja, untuk keperluan fotografi yang serius, kita harus membayar biaya tambahan yang cukup mahal. Informasi dari situs resminya, untuk pemotretan non komersial kita wajib membayar 1.000.000 per hari. Sedangkan untuk foto komersial biaya bisa mencapai 2.000.000 per hari.

Tiket masuk ke Kebun Raya Cibodas sendiri adalah 9.500 per orang dengan biaya parkir 5.000 untuk sepeda motor dan 16.000 untuk mobil.

 

Tampilkan peta Kebun Raya Cibodas

 

Featured image

The following two tabs change content below.
Penggemar dan pengguna perangkat lunak berbasis open source. Suka jalan-jalan ke pantai

Leave a Reply