Candi Gedong Songo. Antara Wisata Sejarah-Kultural dan Wisata Alam Pegunungan

Pernah mendengar Candi Gedong Songo? Sebuah kompleks percandian yang berada di lereng Gunung Ungaran, Jawa Tengah. Candi ini sedikit banyak cukup mirip dengan Candi Arjuna di Dieng. Sama-sama berada di dataran tinggi.

Candi Gedong Songo berada di lereng Gunung Ungaran pada ketinggian sekitar 1.200 mdpl. Dari beberapa titik di kompleks candi ini kita bisa melihat puncak Gunung Ungaran dengan sangat jelas.

Candi Gedong Songo lebih dari sekedar candi. Candi ini tidak hanya cocok untuk dijadikan objek wisata sejarah-kultural sebagaimana candi-candi lain. Lokasinya yang berada di lereng gunung akan membuat kita sekaligus mendapatkan suasana dan pemandangan alam pegunungan yang indah. Terlebih lagi, lokasi antar candi cukup jauh sehingga kita mau tak mau harus trekking melewati jalan setapak untuk menuju masing-masing lokasi candi. Dalam perjalanan kita juga akan melewati perkebunan penduduk.

Ada 9 bangunan candi yang akan kita temukan di kompleks Candi Gedong Songo. Namun, yang benar-benar masih utuh hanya ada 5 (plus sebuah candi perwara). Sisanya hanya berupa reruntuhan yang tak berbentuk. Masing-masing candi diberi nama sesuai dengan lokasinya. Candi Gedong I berada di paling bawah dekat pintu masuk sedangkan Candi Gedong V berada paling jauh dari pintu masuk, di sebuah bukit.

Berikut ini adalah 4 hal penting yang perlu kamu ketahui sebelum berkunjung ke Candi Gedong Songo.

 

1. Candi ini ditemukan oleh pendiri Singapura

20160828_120301

Candi Gedong Songo merupakan sebuah candi bercorak Hindu. Candi ini berada di Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang. Lokasinya berada sekitar 25 km dari Ungaran. Sedangkan jika ditempuh dari Kota Semarang, jaraknya sekitar 45 km.

Menurut catatan sejarah, candi ini ditemukan oleh Stamford Raffles pada tahun 1804. Candi ini dibangun pada abad ke-9 pada wangsa Syailendra. Stamford Raffles sendiri merupakan salah satu gubernur besar Hindia Belanda yang cukup terkenal. Ia juga dikenal sebagai pendiri negara Singapura.

 

2. Miskin relief

20160828_124835

Candi-candi yang ada di kompleks Candi Gedong Songo sedikit berbeda dengan candi-candi pada umumnya. Jika kita perhatikan lebih detail dari dekat pada masing-masing candi, hampir tidak ada relief yang kita temukan. Di beberapa dinding candi Hindu lain (Prambanan, misalnya), terdapat relief-relief yang menceritakan tentang filosofi tertentu. Selain relief, arca adalah sesuatu yang juga tidak akan kita temukan di candi Gedong Songo.

3. Siapkan fisik yang prima sebelum berkunjung

20160828_121515

Seperti yang sudah disebutkan di atas, Candi Gedong Songo berada di lereng Gunung Ungaran pada ketinggian 1.200 mdpl. Ada 5 buah bangunan candi yang dapat kita kunjungi di sana yang masing-masing berjarak cukup jauh. Untuk berpindah dari satu candi ke candi yang lain kita harus berjalan melewati jalanan setapak dengan track yang naik turun. So, persipkan fisik yang prima jika kamu ingin mengunjungi semua candi.

Kalau tidak mau capek, ada kuda yang siap mengantarkanmu. Ada beberapa pangkalan kuda yang ada di kompleks Candi Gedong Songo. Selain di dekat pintu masuk, ada juga pangkalan kuda di dekat Candi Gedong IV.

4. Ada kolam air hangat

20160828_121918

Dalam perjalanan dari Candi Gedong III ke Candi Gedong IV dan V kita akan menemukan sebuah sumber belerang yang senantiasa mengeluarkan asap. Bau belerang cukup tajam di titik ini. Tak jauh dari sumber belerang tersebut terdapat sebuah kolam pemandian air panas alami. Dengan membayar tiket masuk para pengunjung bisa merasakan segarnya berendam di air hangat alami sebelum melanjutkan perjalanan menuju Candi Gedong IV dan V

loading...
The following two tabs change content below.
Sarjana teknik informatika yang tidak bisa coding. Suka naik gunung, membaca dan menulis

Leave a Reply