Waduk Gajah Mungkur, Wisata Andalan di Wonogiri

Dikenal dengan julukan Kota Gaplek, Wonogiri punya beberapa destinasi wisata yang cukup menarik. Yang tak boleh dilewatkan ketika berkunjung ke Wonogiri adalah Waduk Gajah Mungkur.

Waduk Gajah Mungkur merupakan salah satu tempat wisata paling terkenal di Wonogiri. Waduk serbaguna ini juga sekaligus merupakan hulu dari Sungai Bengawan Solo, sungai terpanjang di Pulau Jawa. Waduk Gajah Mungkur dibangun sekitar tahun 1970.

Total luas wilayah waduk ini mencapai 8800 hektare. Dengan luas seperti itu waduk ini lebih terlihat seperti laut saat kita berdiri di salah satu tepinya. Ketika dibangun dulu, warga yang tinggal di kawasan yang terkena proyek dipindahkan ke Pulau Sumatra. Saat ini, waduk ini menjadi salah satu kebanggaan masyarakat Wonogiri. Waduk ini sendiri berjarak sekitar 6 km dari pusat kota Wonogiri ke arah selatan.

Sebagaimana waduk pada umumnya, tujuan utama dibangunnya waduk ini adalah untuk irigasi area pertanian yang ada di sekitarnya. Namun, sebagaimana umumnya, waduk ini juga memiliki fungsi lain termasuk untuk keperluan wisata.

Salah satu spot foto di Waduk Gajah Mungkur. Foto: https://www.instagram.com/p/BJiDgIZjU26/

Salah satu spot foto di Waduk Gajah Mungkur. Foto: @ekawijanarka84

Untuk keperluan tersebut (wisata), dinas terkait di Wonogiri sudah membangun beberapa spot yang memungkinkan para pengunjung untuk menikmati keindahan di sekitar waduk. Para wisatawan bisa melakukan banyak kegiatan di sekitar waduk. Termasuk memancing atau berkeliling waduk menggunakan perahu yang banyak disewakan oleh penduduk setempat.

Beberapa waktu lalu, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Wonogiri telah menyediakan spot foto khusus dengan background bertuliskan “OW Gajah Mungkur”. Spot ini sepertinya cukup menarik para pengunjung, khususnya anak-anak muda yang gemar mengunggah foto di Instagram.

Waduk Gajah Mungkur dari Bukit Gantole. Foto: http://2.bp.blogspot.com/-CoHm64KUDv8/VSi-XgyDpgI/AAAAAAAAAGc/jTxA5wxIEUU/s1600/IMG_0036.JPG

Waduk Gajah Mungkur dari Bukit Gantole. Foto: http://tunixinfo.blogspot.co.id

Ada satu spot yang bisa kita kunjungi untuk menikmati pemandangan Waduk Gajah Mungkur dari ketinggian. Orang-orang lokal sering menyebut spot tersebut dengan Gantole. Spot tersebut sebenarnya merupakan sebuah landasan parayalang namun jarang sekali digunakan. Lokasi spot tersebut terletak di sebuah bukit.

Dari Bukit Gantole, Waduk Gajah Mungkur benar-benar terlihat mirip sebuah danau alami, alih-alih buatan. Berkunjunglah ke bukit ini saat sore hari untuk mendapatkan bonus lain berupa pemandangan sunset yang istimewa.

 

Tampilkan peta Waduk Gajah Mungkur

 

Featured image

The following two tabs change content below.
Penggemar dan pengguna perangkat lunak berbasis open source. Suka jalan-jalan ke pantai

Leave a Reply