6 Kegiatan Menarik Yang Bisa Kamu Lakukan di Candi Gedong Songo

Kecamatan Bandungan yang berada di lereng Gunung Ungaran merupakan kawasan wisata pegunungan yang menjadi destinasi favorite warga Semarang dan sekitarnya. Objek paling menarik yang bisa kita kunjungi di sana adalah Candi Gedong Songo.

Candi Gedong Songo lebih dari sekedar candi. Tidak hanya menawarkan wisata sejarah-kultural, candi ini juga menawarkan wisata alam pegunungan karna lokasinya berada tepat di lereng Gunung Ungaran pada ketinggian sekitar 1.200 mdpl. Praktis, suasana di sekitar candi terasa sejuk dan relaxing. Khas alam pegunungan.

Butuh waktu sekitar 1,5 jam perjalanan dari Kota Semarang melewati jalanan Ungaran – Bawen/Salatiga untuk sampai ke Candi Gedong Songo, yang dipenuhi dengan tanjakan dan turunan. Memasuki kawasan Bandungan kita akan disuguhi oleh pemandangan bangunan hotel yang banyak tersebar di kiri dan kanan jalan.

Informasi singkat mengenai Candi Gedong Songo. Candi ini merupakan kompleks candi Hindu yang ditemukan oleh Stamford Raffles sekitar tahun 1804. Candi ini dibangun pada abad ke-9 pada wangsa Syailendra. Sebenarnya, ada 9 buah candi yang ada di kompleks ini namun yang benar-benar masih utuh dan terlihat sebagai bangunan candi hanya ada 5 (plus sebuah candi perwara).

Kalau kamu baru akan pertama kali ke Candi Gedong Songo, berikut ini adalah gambaran beberapa kegiatan yang bisa kamu lakukan di sana.

1. Trekking santai

pavement gedong songo

Trekking merupakan istilah yang sering digunakan saat kita berjalan di sebuah hutan, umumnya di kawasan pegunungan. Nah, karna kawasan Candi Gedong Songo juga berada di lereng gunung yang dipenuhi banyak pohon, kita juga bisa trekking santai sambil olahraga kecil-kecilan.

Jarak antara satu candi dengan candi yang lain cukup jauh. Kira-kira butuh waktu 15 – 20 menit berjalan kaki melewati pavement yang menanjak dan menurun. Kalau kamu termasuk kaum pedestrian, pavement yang ada di Candi Gedong Songo ini akan menjadi objek yang sangat menyenangkan. Jarang-jarang ada pavement di ruang terbuka dengan suasana alam pegunungan seperti ini.

2. Berkuda

berkuda

Sebaliknya, kalau kamu cukup jarang jalan kaki, perjalanan yang harus kamu tempuh untuk mengunjungi semua candi akan cukup menguras tenaga. Tak perlu khawatir karna ada “angkutan umum” yang bisa kamu gunakan jika fisik memang benar-benar tak kuat. Angkutan umum tersebut berupa kuda.

Ada beberapa pangkalan kuda yang akan kita temukan di kompleks Candi Gedong Songo. Selain di dekat Candi Gedong I yang paling dekat dengan pintu masuk, ada juga pangkalan kuda di alun-alun dekat Candi Gedong IV. Beberapa ojek kuda juga mangkal di titik-titik rawan lelah di sepanjang jalur trekking.

 

3. Berendam di air hangat

kolam rendam air panas

Dalam perjalanan dari Candi Gedong III menuju Candi Gedong IV dan Candi Gedong V kita akan melewati sebuah sumber belerang yang senantiasa mengeluarkan asap. Kandungan belerang di titik ini membuat airnya terasa hangat secara natural.

Tepat di depan sumber belerang tersebut terdapat sebuah bangunan yang di dalamnya terdapat kolam rendam air hangat alami. Dengan membayar tiket tertentu kamu bisa merilekskan badan sejenak dengan berendam di air hangat alami sebelum melanjutkan perjalanan.

 

4. Ngobrol santai tapi serius with someone special

chat

Suasana yang ada di kompleks Candi Gedong Songo ini sangat cocok untuk… you must be know.

Nah, kalau kamu ingin membicarakan sesuatu yang serius namun ingin tetap terkesan santai bersama seseorang yang kamu anggap special, Candi Gedong Songo adalah tempat yang tepat.

Fyi, Steve Jobs — sosok yang sering dianggap sebagai tokoh paling inovatif abad ini — juga sering melakukan hal yang sama ketika masih hidup dulu. Ia kerap mengajak rekan bisnisnya membicarakan sesuatu yang serius dengan suasana santai. Biasanya, ia akan mengajak rekannya jalan santai. Alih-alih nongkrong di cafe.

5. Baca buku

Setelah melewati pintu masuk, kita akan disambut oleh candi pertama dari total 5 candi yang ada. Candi pertama tersebut dinamakan Candi Gedong I. Nah, candi ini berada di sebuah kompleks taman yang asri, rindang, dan hijau. Suasananya selonjorable banget pokoknya.

Jangan heran kalau kamu akan mendapati banyak pengunjung yang asik berbincang bersama orang-orang terdekat mereka. Di sekitar tempat ini juga banyak jasa persewaan tikar. Nah, kalau kamu hobi baca, kompleks taman ini merupakan tempat yang sangat cocok untuk membaca sebuah buku. Tapi hati-hati, nanti kamu bisa lupa waktu.

 

6. Quality time bersama keluarga

family time

This!

Taman yang berada di dekat Candi Gedong I merupakan tempat yang yo’i banget untuk menikmati waktu santai bersama keluarga. Saat hari libur, tempat ini akan dipenuhi oleh keluarga-keluarga kecil yang terlihat begitu bahagia melewatkan waktu bersama. Tentu kamu juga bisa melakukan hal yang sama kalau datang kesini bersama keluarga.

BONUS

 

Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba Blog Visit Jawa Tengah 2016 yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah @VisitJawaTengah.

The following two tabs change content below.
Sarjana teknik informatika yang tidak bisa coding. Suka naik gunung, membaca dan menulis

Leave a Reply