8 Cara Sederhana Menghemat Uang Untuk Jalan-jalan

Jujur saja, uang masih menjadi salah satu penghalang utama seseorang untuk traveling. Meskipun ada orang yang bilang bahwa kita bisa pergi ke tempat A dengan tiket pesawat promo atau ke tempat B dengan tiket kereta promo, tetap saja, kita butuh uang untuk keperluan lain.

Ada orang yang rela irit demi bisa menabung untuk traveling. Metodenya macam-macam. Dari yang paling mainstream seperti menghemat uang makan sampai menolak ajakan teman untuk nongkrong.

Itu saja? Tentu tidak. Masih banyak cara lain yang bisa kita coba untuk mempercepat jumlah tabungan sehingga kita bisa segera jalan-jalan ke tempat yang kita impikan.

Apapaun pekerjaan dan statusnya, berikut ini adalah 8 cara sederhana yang bisa kamu coba.

 

1. Kurangi nonton film di bioskop

Film merupakan salah satu godaan yang cukup sulit dihindari. Apalagi kalau film yang rilis adalah sekuel dari film yang sebelumnya pernah kita tonton. Mau nonton tapi kita sedang dalam program irit demi bisa traveling. Kalau tidak nonton, kok ya penasaran.

Kalau isi dompet memang sedang tipis-tipisnya, ada baiknya untuk tidak memaksakan nonton meski film itu adalah film yang sangat kita suka. Sabar saja menunggu sampai DVDnya dirilis ke publik dan kita bisa membelinya untuk bisa menonton di kemudian hari. Meskipun harga tiket bioskop sebenarnya tidak mahal-mahal amat, tapi itu tetap bisa mempengaruhi program irit kita. Dan yang lebih penting lagi, ini membuat kita menjadi tidak disiplin untuk menabung.

2. Hemat kuota internet

Kuota internet adalah barang tidak tampak yang bisa membuat kantong mendadak kering. Kita sering tidak sadar bahwa banyak uang yang kita keluarkan untuk membeli kuota internet. Kalau kamu termasuk social media addict, mulai sekarang kurangilah aktivitas di sosial media untuk menghemat kuota. Terutama konsumsi konten video.

Kita sering sekali kesulitan menahan diri untuk tidak membuka konten video, terutama di Instagram. Sadarlah, konten video bisa membuat kuota internet terkuras habis. Jadi, tahan diri untuk tidak sering-sering membuka video agar kuota internet di smartphone tidak cepat habis.

 

3. Berani menolak ajakan teman

no

Sebagai anak muda biasa yang hidup di era milenium yang internet native, tentu kita ingin terlihat eksis. Itu adalah hal yang sangat wajar. Tapi, wajar itu juga ada batasnya, kan?.

Jika ada teman yang sering ngajak nongkrong di kafe atau tempat-tempat yang sedang hits, cobalah untuk menolak dengan alasan yang masuk akal. Kalau perlu, beri tahu dia kalau kita sedang dalam program irit demi bisa traveling ke tempat impian kita. Mereka pasti akan paham dan tak akan memaksa kita untuk ikut gabung. Toh, kita masih punya banyak waktu untuk nongkrong di kemudian hari.

 

4. Tak perlu beli yang tak perlu

Ini penting, terutama untuk cewek yang nafsu belanjanya cenderung lebih tinggi dari cowok. Kita harus bisa membedakan mana barang yang benar-benar diperlukan dan mana yang sekedar keinginan. Biasanya — saat sedang jalan di mall dan melihat barang bagus– kita sering tergoda untuk membelinya. Ingat kembali, kamu sedang dalam program irit untuk traveling sehingga tahanlah godaan itu untuk sementara.

5. Irit makan

Ini adalah cara paling mainstream yang banyak dilakukan orang-orang yang sedang butuh uang untuk keperluan tertentu. Kamu juga bisa mencobanya. Tapi tak perlu terlalu ekstrim dengan makan mie instan tiga kali sehari, misalnya. Kamu tetap boleh makan nasi tapi tak perlu harus pakai ayam setiap waktu.

6. Pakai cara lama juga boleh

piggy-bank

Cara lama itu yang bagaimana?

Yang dimaksud dengan cara lama di sini adalah memasukkan uang ke celengan. Ada satu tips yang bisa kamu coba yakni dengan menyisihkan uang pecahan 20.000. Jadi, setiap kali kamu dapat pecahan uang 20.000, masukkan uang itu ke dalam celengan. Kenapa 20.000?

Alasan utamanya sebenarnya adalah untuk melatih konsistensi dan kedisiplinan. Kalau mau, kamu bisa mengganti pecahan 20.000 dengan pecahan berapapun yang kamu inginkan. Tapi, pecahan 20.000 lebih disarankan karna pecahan ini tidak terlalu kecil, juga tidak terlalu besar sehingga kita mungkin jarang menggunakannya.

 

7. Tentukan target/tujuan

Percaya atau tidak, target bisa menjadi semacam stimulus yang akan membuat kita senantiasa berusaha lebih untuk segera mencapainya. Saat sebuah target bisa tercapai, rasanya seperti habis BAB, legaaa.

Jadi, supaya kamu lebih disiplin dan rajin dalam menabung, tentukanlah target tempat mana yang ingin kamu tuju serta kapan kamu akan berangkat ke sana.

8. Jaga kesehatan

Apa hubungannya menjaga kesehatan dengan irit?

Begini. Saat kita sakit, kita butuh obat untuk proses kesembuhan. Belum lagi kalau harus periksa ke dokter, tentu akan lebih mahal lagi. So, menjaga kesehatan itu juga penting untuk menghemat pengeluaran. Ingat kata orang bijak, kesehatan itu mahal harganya.

The following two tabs change content below.

Rio Rizqiawan

God, family, Juventus and you ~ Fino Alla Fine Forza Juve

Leave a Reply