Jika ada bumi perkemahan paling terkenal di Bandung maka bumi perkemahan itu pastilah Ranca Upas. Selain karna tempatnya yang memang bagus, buper ini menjadi semakin terkenal karna pernah dikunjungi oleh penyanyi cantik Raisa.

Raisa berkunjung ke buper ini sekitar pertengahan Februari 2016. Waktu itu, dia mengunggah foto dirinya sedang bermain bersama seeokor rusa. Raisa tampak bahagia dengan senyum yang tersungging. Dalam caption foto tersebut ia menuliskan “I met a new friend today”. Selain foto dirinya yang tengah bercengkrama dengan seekor rusa, di belakangnya tampak beberapa rusa lain yang sedang sibuk mencari makan.

Ranca Upas memang merupakan sebuah bumi perkemahan yang cukup terkenal di Bandung. Tak cuma untuk camping, tempat ini juga ideal sebagai lokasi outing kantor. Ada banyak fasilitas yang bisa kita gunakan untuk seru-seruan bersama teman di kawasan buper ini.

Ranca Upas sendiri berada di kawasan hutang lindung pada ketinggian sekitar 1.700 mdpl. Luas areanya mencapaiĀ 215 hektar. Seperti yang dilakukan oleh Raisa, di tempat ini kita juga bisa melihat dan bermain dengan rusa-rusa liar penghuni bumi perkemahan. Kebetulan di tempat ini memang ada tempat penangkaran rusa.

Area camping ground di tempat ini sendiri juga sangat luas. Ada sebuah danau kecil di mana kita bisa mendirikan tenda di dekat danau tersebut untuk mendapatkan suasana yang lebih asik. Fasilitas lain yang ada di buper ini antara lain kolam pemandian air panas dan waterboom, fun adventure serta fun games.

Lokasi bumi perkemahan ini sendiri berada di Bandung bagian selatan, tepatnya di Ciwidey. Jadi, kalau kamu kebetulan punya agenda jalan-jalan ke kawasan Ciwidey — Kawah Putih, misalnya — kamu bisa sekaligus berkunjung ke Ranca Upas.

Meskipun dikenal sebagai sebuah bumi perkemahan, tempat ini juga cocok dikunjungi untuk wisata satu hari bersama teman atau keluarga. Lokasinya yang berada di kawasan pegunungan membuat udara di sekitar tempat ini terasa sejuk. Cocok sekali untuk refreshing dan mendingingkan otak yang panas.

 

Tampilkan peta Ranca Upas

 

Featured image