Karimunjawa — kepulauan cantik di Jepara itu — menjadi salah satu destinasi wisata bahari kesukaan orang Indonesia, khususnya yang tinggal di Pulau Jawa.

Jika kamu bertanya kepada seseorang yang saat ini sedang duduk di sampingmu apakah ia mau kalau diajak liburan ke Karimunjawa, prosentase ia akan menjawa “iya” pasti mendekati seratus persen.

Selama ini, kita tahu ada dua rute yang bisa kita piliha untuk sampai ke Karimunjawa yakni via Jepara serta via Semarang. Mulai tanggal 23 Agustus 2016 lalu, kita bisa berkunjung ke Jepara melalui jalur lain yakni Kendal.

Seperti yang diberitakan oleh Kompas, Pelabuhan Tanjung Kendal di Kabupaten Kendal baru saja mendapat sebuah bantuan berupa kapal feri. Kapal tersebut digunakan untuk melayani penyebrangan rute Kendal – Karimunjawa dan sebaliknya dan sudah dioperasikan per tanggal 23 Agustus 2016. Nama kapalnya adalah Bahari Express.

Bahari Express merupakan kapal cepat yang terdiri atas dua kelas tiket yakni VIP dan executive. Menurut informasi dari akun Twitter kapal tersebut, Bahari Express rute Kendal – Karimunjawa beroperasi dua kali dalam seminggu untuk pemberangkatan dari Kendal yakni hari Rabu dan Jumat. Sedangkan dari Karimunjawa, kapal ini akan beroperasi pada hari Kamis dan Minggu.

Harga tiket kelas VIP adalah Rp 230.000 sedangkan untuk kelas executive adalah Rp 200.000. Cukup mahal, memang. Namun, waktu yang diperlukan untuk sampai ke Karimunjawa cenderung lebih cepat dibandingkan via Jepara. Yakni hanya 3 jam saja.

 

Dibukanya rute baru Express Bahari Kendal – Karimunjawa ini tentu menjadi kabar yang menyenangkan untuk mereka yang tinggal di Kendal dan sekitarnya. Karna, untuk ke Karimunjawa tak perlu lagi repot-repot transit ke Jepara atau Semarang. Dengan begitu, liburan ke Karimunjawa pun menjadi semakin mudah.

 

Featured image