Buat kalian sering ke Jogja pasti sudah sudah tahu dimana itu Pantai Siung. Pantai ini merupakan salah satu pantai yang berada di jajaran pantai selatan di Gunungkidul. Pantai ini memiliki pasir putih nan cantik.

Jika berjalan terus ke arah timur dari Pantai Siung kita akan menemukan sebuah air terjun yang jatuh dari tebing persis di tepi pantai. Selanjutnya akan kita temui sebuah sabana yang biasa digunakan untuk camping bila kita lanjutkan perjalan lebih ke timur lagi. Hal ini lah yang membuat kami memilih Pantai Siung sebagai venue acara Contina Sea Camp Project 2K16.

Tujuan acara ini sebenarnya adalah untuk mengakrabkan pengurus JCICJ (JCI Chapter Jogja) yang kebetululan tahun ini banyak perombakan serta mengakrabkan member untuk regenerasi kepengurusan tahun-tahun ke depan. Setelah sebelumnya semua kegiatan kita adakan di HomeBase, kami memilih pantai untuk kita jadikan tempat refresh kali ini sekalian jalan-jalan explore tempat wisata di Daerah Istimewa ini :)). Plus inget juga “Daripada Panik Mending Piknik” yang menjadikan kita alasan untuk menghilangkan kepenatan sehari-hari..

Dan ternyata, acara yang awalnya ditujukan untuk intern JCICJ ini diminiati oleh JCI dari daerah lain. Ada beberapa chapter JCI yang ikut join acara ini. Jumlah peserta yang ikut juga lumayan banyak, sekitar 80 orang. Dengan jumlah tenda yang kami bawa adalah 14 buah, maka Pantai Siung malam itu dipenuhi oleh tenda. Mirip camp dadakan pasukan perang pimpinan Diponegoro :D. Jumlah tenda sebanyak itu kalau dipasang saling berdekatan di Gunung Andong pasti sudah tidak muat haha

Sesuai dengan jadwal yang telah disusun, acara dimulai Sabtu malam (26/3/2016). Kami berangkat dari Jogja sekitar pukul 2 siang dan sampai di lokasi pantai sekitar pukul 5 sore. Hari sudah mulai gelap, menanti senja di Pantai Siung. Hanya ada beberapa pengunjung yang nampaknya juga akan menghabiskan malam dengan camping ceria di sekitaran Pantai Siung. Kami segera memasuki tenda dan acara di lanjutkan Ishoma..

Setelah selesai ishoma gerimis pun datang dan semua peserta mengisi tenda, karna camp kita di pantai ada juga tenda kami yang terbang karna tak terisi dan sempet kelimpungan waktu mengurus tenda yang sebagian juga kemasukan air karna derasnya hujan. Setelah hujan reda — sekitar pukul 10 malam — kami mengadakan sebuah permainan yang sering di sebut Werewolf. To be honest, ini adalah pertama kalinya saya memainkan permainan ini. Agak bingung juga sih tapi enjoy aja. Werewolft pertama kali menang, yang artinya saya pandai berbohong, haha. Karna jumlah peserta yang cukup banyak, acara pun berlangsung cukup lama. Sekitar jam 2 malam permainan ini baru selesai.

Malampun semakin larut. Arloji di tangan sudah menunjukkan pukul setengah tiga pagi. Kamipun langsung masuk ke dalam tenda dan terkapar lelah. Bau keringat teman setenda seakan tak tercium. Saya langsung tertidur dengan pulas ~

Minggu, 27 Maret 2016

Jam 4 pagi saya sudah bangun dan bersiap membangunkan peserta. Beberapa teman lain sudah lebih dulu terbangun. Beberapa sudah ada yang asik bermain di pantai. Sebagai tuan rumah, kami dari JCICJ harus bertanggung jawab untuk menyiapkan sarapan. Cuman sarapan nya ntar dulu ya, setelah berkumpul dan kompakan pake tees putih yang bertuliskan “La Gente Come Noi Non Molla Mai” yang bisa diartikan “Kami Orang-orang yang tak Pantang Menyeah” belum sarapan pun kita tancap gas buat tracking menuju tempat yang kita rencanakan.

Sesuai dengan rundown yang telah disusun, kita akan tracking ke air terjun serta sabana yang berada di sebelah timur Pantai Siung. Oh iya, air terjun tadi namanya adalah Banyutibo. Waktu dikasih tahu divisi event (yang survei lokasi), saya sempat sangsi karna setahu saya Banyurtibo itu adanya di Pacitan. Ternyata, di Gunungkidul juga ada yang namanya Banyutibo

Dan acara tracking pun dimulai, menapaki jalan setapak menuju Banyutibo dan sabana yang mungkin belum ada namanya. Track yang kami lewati cukup jauh. Kondisi medannya juga lumayan tricky. Di beberapa titik kami melewati medan yang disampingnya adalah jurang. Butuh sedikit konsentrasi ketika melewati track yang model begini. Kalau sampai lengah, jurang dengan batu-batu karang yang tajam di bawahnya sudah menanti

Tapi serius, tracking ini adalah bagian yang paling saya senengin dalam rangkaian acara kemarin. Karna, dalam perjalanan kita disuguhi oleh suasana yang liar namun asik. Apalagi pas sampai di sabana, kita harus benar-benar bersyukur bisa melihat tempat se Istimewa ini, walau cahaya matahari mulai terik dan rasa lapar mulai menghinggap keindahan panorama ini tetep bikin nggak pengen balik dari sini..

Sekitar setengah jam kami menikmati pemandangan dan suasana di sekitar sabana yang namanya tidak saya ketahui ini, kita balik ke Pantai Siung. Setibanya di Pantai Siung sarapan sudah menunggu, yang dilanjutkan acara bebas renang. Mau renang di  pantai, silahkan. Tidur-tiduran atau tidur beneran juga boleh. Tak terasa, waktu sudah menunjukkan pukul 11 sudah saatnya berkemas-kemas untuk pulang. Sekitar pukul 12, rangkaian acara Contina Sea Camp Project 2K16 pun selesai. Kamipun berbegas meninggalkan Pantai Siung, dan tak lupa sayonara pada temen temen chapter lain.

Terima kasih untuk teman-teman JCICJ, dan tentunya chapter lain yang ikut meramaikan acara kemarin. Ditunggu acara-acara seru lainnya 🙂 #ForzaJuve!!