10 Pantai Wisata Jogja yang Akan Meninggalkan Kesan Tak Terlupakan

Selain Bali, Jogja juga menjadi salah satu tujuan wisata yang banyak dipilih para pelancong, baik dari dalam negeri ataupun mancanegara. Di beberapa titik objek wisata, misalnya Candi Prambanan, tak jarang dijumpai wisatawan asing. Namun, kebanyakan turin yang datang ke Jogja untuk menikmati pantainya yang tak kalah bagus dengan pantai di Bali.

Nah, jika Anda berencana untuk berlibur ke Jogja, Anda tidak boleh melewatkan kegiatan wisata pantai. Selain menikmati makanan hasil olahan laut segar yang ditangkap langsung oleh para nelayan, Anda juga bisa menikmati berbagai keseruan lain seperti menaiki wahana gondola tradisional, bermain bola pantai, atau sekadar menyegarkan pikiran dengan memandangi lautan yang luas dan mempesona.

Pantai-pantai yang berada di Jogja lebih banyak ditemui di wilayah Bantul dan Gunungkidul. Setidaknya terdapat puluhan pantai yang semuanya mempunyai pasir putih khas pantai selatan. Tidak hanya pasirnya yang bersih, warna air yang jernih juga tak segan membuat Anda untuk bermain air atau berdiri tenang menerima sisa-sisa debur ombak yang datang ke bibir pantai. Berikut ini kami berikan rekomendasi pantai terbaik di Jogja yang bisa Anda datangi.

1. Pantai Parangtritis

Foto: @shintanrya

Parangtritis adalah pantai yang sangat hits di Jogja. Hampir seluurh penduduk pulau Jawa mengenal nama pantai ini, terutama mereka yang gemar melakukan travelling. Pantai Parangtritis memang layak disambangi oleh setiap orang yang datang ke Jogja untuk kegiatan berlibur atau urusan pekerjaan. Di pantai ini, Anda dapat menyusuri bibir pantai dengan menyewa bendi atau ATV.

2. Pantai Samas

Foto: @himahinayah

Anda tidak bisa berenang di pantai ini karena bibir pantainya yang curam sehingga dapat membahayakan diri apabila terseret ombak. Anginnya yang kencang juga menjadikannya kurang ideal dijadikan tempat bermain air. Meski begitu, pantai Samas juga tetap diminati wisatawan karena satu dan lain hal. Beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan saat memijakkan kaki ke pantai ini adalah menaiki mercusuar untuk meliat pemandangan sekitar laut dari ketinggian.

3. Pantai Depok

Foto: @malesberjuang

Manjakan perut Anda dengan mendatangi pantai Depok. Pantai satu ini biasa dipilih oleh mereka yang ingin menyantap hidangan hasil olahan laut, baik itu ikan, lobster, udang, dan sebagainya. Aneka bumbu tradisional dapat dipilih sesuai permintaan. Buat Anda yang ingin menikmati sajian laut yang lezat sembari menikmati suara debur ombak dan pemandangan laut yang menakjubkan, berkunjunglah ke pantai Depok.

4. Pantai Baru Bantul

Foto: @lintangwdhiasty

Dahulu, pantai Baru Bantul belum banyak dilirik wisatawan. Namun, karena usaha pihak setempat dan wisatawan domestik dalam mempromosikan keindahan pantai ini melalui sosial media, lambat laun pantai mulai ramai disambangi pelancong. Pantai yang berada di desa Poncosari ini kerap dijadikan tempat pertunjukkan bagi band atau campursari untuk meramaikan acara-acara tertentu. Di dalam pantai ini terdapat pepohonan cemara udang yang dapat dijadikan spot untuk berfoto bagi para wisatawan.

5. Pantai Goa Cemara

Foto: @d_wulan23

Dinamakan pantai Goa Cemara karena sebelum bisa menikmati keindahan pantai, pengunjung harus melewati deretan pepohonan cemara rimbun yang berjejer rapat. Karena banyaknya pohon cemara yang tumbuh, pantai ini tidak begitu panas meski matahari sedang terik. Di tempat ini juga terdapat mercusuar yang bisa dinaiki dengan membayar sejumlah uang. Anda bisa memandangi lautan luas dan birunya langit di atas mercusuar ini.

6. Pantai Krakal

Foto: @aniingiaiao

Pantai Krakal termasuk pantai yang ramah bagi wisatawan. Bukan hanya untuk bermain air atau dipakai berenang, wisatawan yang datang tak jarang menyewa papan untuk melakukan surfing alias berselancar. Sebagian bibir pantai Krakal ditempati oleh batu-batu karang yang menjadi tempat persembunyian ikan-ikan kecil.

7. Pantai Sundak

Foto: @apengghh

Nama Sundak diperoleh dari kejadian yang unik. Menurut cerita, dahulu ada seekor anjing yang berkelahi dengan landak akibat sang landak ingin dijadikan santapan oleh sang anjing. Singkat cerita, landak tersebut kalah dan sang anjing berhasil memakan daging landak. Dari situlah pantai yang tadinya bernama Wedibelah menjadi pantai Sundak yang merupakan singkatan dari asu (anjing) dan landak.

8. Pantai Indrayanti

Foto: @ermaraddhin

Indrayanti bukanlah nama asli pantai ini, tetapi Pulang Sawal atau Pulsa-lah nama asli pantai ini. Nama Indrayanti sendiri diambil dari sebuah nama cafe yang berada di sekitaran pantai. Sama seperti pantai selatan lainnya, pantai Indrayanti juga mempunyai pasir putih dan air yang bersih. Anak-anak pasti suka bermain pasir atau air di pantai ini.

Bukan cuma menikmati sapaan sisa ombak yang menyapu butir-butir pasir, di sini Anda juga bisa menikmati keindahan pantai yang dikelilingi oleh batu-batu karang berukuran besar. Di tepi pantai bukan hanya terdapat kafe atau restoran, tetapi juga penginapan untuk wisatawan yang mau menghabiskan malam di pantai ini. Adanya gazebo-gazebo juga menjadi fasilitas yang bisa dimanfaatkan wisatawan untuk menikmati udara sejuk khas pantai.

9. Pantai Pok Tunggal

Foto: @damayk_

Dibandingkan pantai-pantai lain, pantai Pok Tunggal termasuk yang paling baru. Pantai ini mulai ramai pada tahun 2013. Keunikan yang dimiliki oleh pantai ini adalah adanya sumber mata air tawar yang berasal dari aliran sungai bawah tanah. Saat berkunjung ke pantai ini, jangan lupa untuk mengabadikan momen bersama teman, pasangan, atau keluarga dengan menggunakan laut dan tebing karang sebagai latar belakangnya.

10. Pantai Siung

Foto: @ahmad_nento

Pantai Siung dapat ditempuh sekitar 2 jam dari kota Jogja. Jika diukur dengan jarak, pantai Siung ini berada sekitar 70 km jaraknya dari pusat kota Jogja. Walaupun memerlukan jarak tempuh yang cukup jauh dan lama, Anda akan sulit mengurungkan niat untuk menyambangi pantai ini. Pasalnya, di pantai ini Anda bisa melakukan berbagai kegiatan seru seperti panjat tebing yang jumlahnya lebih dari 250 jalur panjat.

Nah apabila anda ingin berwisata ke jogja dan tidak ingin repot dengan pembelian tiket wisata, sewa mobil, penginapan, tour guide, foto-foto dan lain-lain, lebih baik menggunakan jasa paket tour jogja karena perjalanan wisata lebih menyenang pastinya. Salah satu jasa paket wisata jogja terbaik adalah kartanesia.com. Disini juga anda dapat menemukan berbagai pilihan paket wisata mulai dari wisata yang paling populer hingga yang terbaru.

The following two tabs change content below.

Leave a Reply