Rencana Hunting Foto Jakarta-Bandung

Akhir-akhir ini, saya sedang rajin jalan-jalan sembari hunting foto. Terakhir, saya baru saja berkunjung ke Semarang sekitar dua minggu yang lalu untuk hunting foto di kawasan Kota Lama. Ini sekaligus menjadi pengalaman pertama saya berkunjung ke Kota Lama, sebuah kawasan yang sering disebut The Little Netherlands. Selanjutnya, saya berencana untuk hunting foto di Jakarta dan Bandung. Rencana ini mungkin akan saya realisasikan sebelum pergantian tahun.

Meskipun bukan seorang fotografer professional, saya rela melakukan perjalanan jauh serta mengeluarkan sejumlah uang untuk biaya transport dan akomodasi karna memang senang melakukannya. Saya memilih Jakarta-Bandung sebagai tujuan hunting selanjutnya karna saya ingin mengumpulkan beberapa foto dengan tema urban. Terutama, saya ingin memotret beberapa gedung di Jakarta. Sedangkan di Bandung, saya ingin memotret taman-taman kota yang belakangan jumlahnya semakin banyak. Lagipula, jarak Jakarta-Bandung relatif dekat serta banyak pilihan transportasi. Saya bisa memilih jenis transportasi sesuai dengan kebutuhan dan kondisi. Jika ingin cepat, saya bisa menggunakan transportasi bandara Jakarta Bandung.

Sedikit cerita tentang Bandung.

Saya memang tak pernah tinggal di Bandung. Tapi, tetap ada sisi sentimentil ketika membicarakan tentang kota ini. Sewaktu kuliah dulu, saya pernah menjalin hubungan dengan seorang gadis yang waktu itu sedang kuliah di Unpad. Pada momen itu, saya beberapa kali berkunjung ke Bandung sekedar untuk melepas rindu atau membicarakan masalah yang tak bisa diselesaikan via HP. Oleh dia, saya sempat beberapa kali diajak mengunjungi beberapa tempat di Bandung, termasuk Museum Geologi dan Lapangan Pancasila. Waktu itu, Bandung belum seperti Bandung yang sekarang yang punya banyak sekali taman. Waktu itu belum ada Taman Alun-alun. Stadion Gelora Bandung Lautan Api di Gedebage juga masih dalam tahap pembangunan.

Pada akhirnya cerita saya memang tak berakhir manis. Tapi bukan berarti saya kapok ke Bandung. Justru sebaliknya, saya telah mejadikan Bandung sebagai salah satu kota yang mempunyai sejarah dalam perjalan hidup saya sebagai seorang manusia. Itulah salah satu alasan kenapa saya ingin sekali hunting foto di Bandung. Lagipula, waktu itu saya tidak sempat mengunjungi banyak tempat di Bandung. Saya belum sempat sempat ke Kawah Putih, salah satu tempat di Bandung yang ingin sekali saya kunjungi. Saya juga tak sempat main ke Saung Angklung Udjo.

Terkait rencana saya hunting foto di Jakarta dan Bandung, berikut ini beberapa tempat yang ingin sekali saya kunjungi untuk hunting.

1. Kota Tua, Jakarta

Foto: Unsplash

Salah satu satu tempat bersejarah di Jakarta. Saya pernah main ke Kota Tua, tapi tak benar-benar mengeksplorasi Kota Tua. Saya tak sempat menyusuri gang-gang di Kota Tua ataupun mengunjungi museum-musem di sana. Teman yang mengajak saya waktu itu hanya membawa saya ke area alun-alun. Saya ingin mengunjungi Kota Tua kembali karna di kawasan ini banyak gedung-gedung tua yang bisa menjadi objek menarik untuk foto. Aktivitas pengunjung juga akan menjadi objek yang menarik untuk foto human interest.

2. Sunda Kelapa, Jakarta

Foto: Pixabay

Sama seperti Kota Tua, Sunda Kelapa juga menjadi tujuan yang menarik untuk hunting foto-foto vintage. Sunda Kelapa merupakan sebuah pelabuhan bersejarah di Jakarta. Pada abad ke-12, pelabuhan ini adalah pelabuhan terpenting Pajajaran. Waktu itu namanya masih Pelabuhan Kalapa. Tujuan utama saya ke pelabuhan ini adalah untuk hunting foto Kapal Phinisi.

Selain Kota Tua dan Sunda Kelapa, saya juga ingin memotret gedung-gedung pencakar langit Jakarta. Seperti yang saya bilang di awal, saya ingin mengumpulkan foto-foto urban. Salah satunya adalah gedung.

3. Kawah Putih, Bandung

Foto: Pixabay

Kawah Putih merupakan salah satu tempat yang ingin sekali saya kunjungi di Bandung. Memang butuh sedikit perjuangan untuk sampai ke sana karna lokasi Kawah Putih berada di Ciwidey yang mana cukup jauh dari Kota Bandung. Tapi itu bukan masalah buat saya. Lagipula, banyak tempat-tempat menarik di kawasan Ciwidey yang bisa saya jadikan objek foto nantinya. Seperti landscape perkebunan teh atau Rancaupas yang terkenal denga rusanya.

4. Taman-taman, Bandung

Foto: Instagram/lukmanjuwono

Saat masih cukup sering ke Bandung dulu, belum ada taman-taman seperti sekarang ini. Salah satu taman di Bandung yang ingin sekali saya kunjungi adalah Taman Alun-alun serta Taman Film.

5. Saung Angklung Udjo

Foto: Angklungudjo.com/

Angklung adalah salah satu alamat musik tradisional yang saya sukai. Setiap kali berkunjung ke Malioboro saya pasti selalu menyempatkan diri menyaksikan “pertunjukan” seniman jalanan yang memainkan angklung. Biasanya di dekat Mall Maliboro.

Di Bandung ada sebuah sanggar seni bernama Saung Angklung Udjo yang menampilkan pertunjukan musik angklung. Pertunjukan angklung di sana berlangsung setiap hari pada jam-jam tertentu. Jadwalnya bisa dilihat di situs resminya. Tentu saja, selain menyaksikan pertunjukan seni musik angklung, saya juga bisa mengabadikan aksi para seniman dalam bentuk foto.

The following two tabs change content below.
Sarjana teknik informatika yang tidak bisa coding. Suka naik gunung, membaca dan menulis

Latest posts by Aliko Sunawang (see all)

Leave a Reply